Lembar Kerja
Perancangan Penerapan Model-Model Pada Pembelajaran PAI
Tujuan Kegiatan | : | Pada kegiatan ini diharapkan peserta mampu merancang pembelajaran Agama Islam dengan menerapkan model Problem Based Learning |
Langkah Kegiatan :
1. Kerjakan secara berpasangan, pelajari konsep model-model pembelajaran pada hand-out dan contoh-contoh penerapannya pada pembelajaran
2. Cermati lembar kerja perancangan model pembelajaran
3. Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema untuk satu kali tatap muka yang sesuai salah satu model. Sub topik/materi
4. Isilah Lembar Kerja perancangan model pembelajaran sesuai dengan model yang Anda pilih
5. Perbaiki rancangan jika ada saran atau usulan perbaikan
FORMAT PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran Problem Based Learning
Kompetensi Dasar | : | 1.8 Menunaikan sholat berjemaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam |
Topik | : | Shalat berjamaah |
SubTopik | : | Tata cara shalat berjamaah |
Tujuan | : | Setelah mendemontrasikan ketentuan shalat berjamaah melalui tanyangan video, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan tata cara Shalat berjamaah dengan benar |
Alokasi Waktu | : | 40 Menit |
FASE-FASE | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
Fase 1 Orientasi peserta didik kepada masalah | 1. Guru menunjukkan kepada peserta didik sebuah video shalat berjamaah. 2. Peserta didik mengamati video yang ditunjukkan oleh guru. 3. Peserta didik diminta memberikan tanggapan dan pendapat terhadap video yang diberikan. 4. Peserta didik diberikan kesempatan untuk menetapkan permasalahan dalam bentuk pertanyaan yang berhubungan dengan video yang diamati. 5. Contoh pertanyaannya yaitu: Bagamanakah tata cara shalat berjamaah? |
Fase 2 Mengorganisasikan peserta didik | 1. Guru membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan pertanyaan/masalah yang akan dicari penyelesiaannya. 2. Peserta didik diberi tugas untuk menggali informasi dari buku PAI kelas VII tentang “materi shalat berjamaah” secara berkelompok. |
Fase 3 Membimbing Penyelidikan individu dan Kelompok | 1. Peserta didik mengumpulkan informasi untuk membangun ide mereka sendiri dalam memecahkan masalah tentang materi shalat berjamaah yang dihasilkan. 2. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi. 3. Guru membagikan Lembar Kerja “Tata cara melaksanakan shalat berjamaah”. 4. Peserta didik melakukan penyelidikan melalui Lembar Kerja dengan menugaskannya di luar pembelajaran. 5. Guru membimbing penyelidikan yang dilakukan peserta didik. |
Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | 1. Peserta didik mencatat data hasil penyelidikan kelompok dalam Lembar Kerja. 2. Peserta didik mengolah data yang diperoleh dari kelompoknya. 3. Peserta didik menjawab pertanyaan pada Lembar Kerja. 4. Peserta didik menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk |
Fase 5 Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah | 1. Peserta didik dan guru mengevaluasi hasil penyelidikan melalui diskusi kelas. 2. Peserta didik dibimbing guru menganalisis hasil pemecahan masalah tentang materi shalat berjamaah. Peserta diharapkan menggunakan buku sumber untuk membantu mengevaluasi hasil diskusi. 3. Selanjutnya peserta didik diminta mempresentasikan hasil penyelidikan dan diskusi di depan kelas; dilanjutkan dengan penyamaan persepsi. 4. Kelompok peserta didik yang berhasil memecahkan permasalahan diberi pengahargaan. 5. Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari peserta didik (dapat menggunakan paper and pencil test atau authentic assessment). |
Lombok Tengah, 12 Juni 2020
Dibuat oleh
Mansur, S.Pd.I, M.Pd
NIP. 198306252009011002