ANALISIS KI, KD DAN INDIKATOR PAI KELAS 9
LK 1
Analisis KI, KD dan Indikator
BAB 1
No | KI | KD | INDIKATOR | MATERI/POKOK BAHASAN |
1. | KI 1 | 1.1. Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama. | ||
KI 2 | 2.1 Menghayati perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. ÁliImrān/3: 159 dan Hadis terkait. | |||
KI 3 | 3.1 Memahami Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. ÁliImrān/3: 15 9tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta Hadis terkait | 3.1.1 Menyebutkan arti surah Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53):39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 dan hadits terkait. 3.1.2 Menjelaskan makna isi kandungan surah Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53):39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 dan hadits terkait. 3.1.3 Mengidentifikasi hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah dalam surah Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159. 3.1.4 Menjelaskan hukum bacaan Lam dan Ra’dalam surah Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159. | · Mengartikan surat Qs. AzZumar (39):53, Qs. An Najm(53):39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 dan hadits terkait · Menjelaskan makna isi kandungan surah Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53):39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 dan hadits terkait. · Makna hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah dalam surah Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159. · Makna hukum bacaan Lam dan Ra’dalam surah Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159. | |
K1 4 | 4. 1.1 MembacaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. ÁliImrān/3: 159dengantartil. 4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. ÁliImrān/3: 159 serta Hadis terkait dengan lancar. 4.1.3 Menyajikan keterkaitan optimis, ikhtiar, dan tawakal dengan pesan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. ÁliImrān/3: 159 | · |
Analisis KI, KD dan Indikator
BAB 2
No | KI | KD | INDIKATOR | MATERI/POKOK BAHASAN |
2. | KI 1 | 1.3. Beriman kepada Hari Akhir | 1.3.1 Bersyukur kepada Allah Swt. karena hari kiamat belum terjadi. 1.3.2 Meningkatkan ibadah sebagai bekal kelak di Hari Akhir. 1.3.3 Berdoa untuk memohon pertolongan agar diberikan akhir kehidupan yang baik (husnul khatimah). 1.3.4. Senang membaca kitab suci al-Qur’an sebagai amal salih untuk bekal di hari akhir. | Iman kepada hari akhir |
KI 2 | 2.3. Menunjukkan perilaku mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir. | 2.3.1 Bersikap dan berperilaku hati-hati dalam menjalani kehidupan di dunia. 2.3.2 Bersikap dan berperilaku jujur kepada siapa pun karena menyadari akan tanggung jawabnya kelak di hadapan Allah pada Hari Akhir. 2.3.3 Berbuat baik kepada orang lain dan tidak menyakitinya sebagai bekal hidup pada Hari Akhir. 2.3.4 Tidak iri dan dengki kepada orang lain karena takut ancaman Allah pada Hari Akhir. | ||
KI 3 | 3.3. Memahami makna iman kepada Hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya. | 3.3.1 Menguraikan pengertian iman kepada Hari Akhir. 3.3.2 Menganalisis macam-macam dan tanda-tanda Hari Akhir. 3.3.3 Mengilustrasikan bukti-bukti bahwa Hari Akhir itu pasti terjadi. 3.3.4 Menganalisis pengertian alam barzakh, hari kiamat, dan berbagai peristiwa yang terjadi pada Hari Akhir. 3.3.5 Membedakan pengertian kiamat sugra dan kiamat kubra. 3.3.6 Menganalisis peristiwa kiamat sugra dan kiamat kubra 3.3.7 Menemukan nama-nama lain hari kiamat beserta artinya 3.3.8 Menelaahtahapan-tahapan yang dialami manusia pada Hari Akhir. 3.3.9 Merumuskan hikmah beriman kepada hari Akhir | ||
K1 4 | 4.3. Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian Hari Akhir | 4.3.1 Membuat paparan tentang gambaran kejadian Hari Akhir disertai dalil naqlinya. 4.3.2 Mempresentasikan paparan tentang gambaran kejadian Hari Akhir disertai dalil naqlinya. |
Analisis KI, KD dan Indikator
BAB 3
No | KI | KD | INDIKATOR | MATERI/POKOK BAHASAN |
3. | KI 1 | 1.5 Meyakini bahwa jujur dan menepati janji adalah ajaran pokok agama. | ||
KI 2 | 2.5 Menunjukkan perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari. | |||
KI 3 | 3.5 Memahami penerapan jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari. | 3.5.1 Menjelaskankan pengertian jujur dan menepati janji 3.5.2 Menyebutkan dalil naqli tentang jujur dan menepati janji 3.5.3 Menjelaskan hikmah perilaku jujur dan menepati janji | · Pengertian jujur dan menepati janji · Dalil naqli tentang jujur dan menepati janji · Hikmah perilaku jujur dan menepati janji | |
K1 4 | 4.5 Menyajikan penerapan jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari- hari. | 4.5.1 Mengidentifikasi perilaku jujur dan menepati janji 4.5.2 Membuat laporan hasil diskusi tentang perilaku jujur dan menepati janji 4.5.3 Menyajikan laporan hasil diskusi tentang perilaku jujur dan menepati janji |
Analisis KI, KD dan Indikator
BAB 4
No | KI | KD | INDIKATOR | MATERI/POKOK BAHASAN |
4. | KI 1 | 1.6 Meyakini bahwa berbakti dan taat kepada orang tua dan guru adalah perintah agama. | ||
KI 2 | 2.6 Menunjukkan perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari. | |||
KI 3 | 3.6 Memahami cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru | 3.6.1 Menjelaskankan pengertian berbakti dan taat pada orang tua dan guru 3.6.2 Menyebutkan dalil naqli tentang berbakti dan taat kepada orangtua dan guru 3.6.3 Menjelaskan hikmah perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru | · Pengertian berbakti dan taat pada orang tua dan guru · Dalil naqli tentang berbakti dan taat kepada orang tua dan guru · Hikmah perilaku berbakti dan taat kepada orang tua dan guru | |
K1 4 | 4.6 Menyajikan cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru. | 4.6.1 Mengidentifikasi perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru 4.6.2 Membuat laporan hasil diskusi tentang perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru 4.6.3 Menyajikan laporan hasil diskusitentang perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru. Membuat surat permohonan maaf kepada orangtua dan guru |
Analisis KI, KD dan Indikator
BAB 5
No | KI | KD | INDIKATOR | MATERI/POKOK BAHASAN |
5. | KI 1 | 1.8 Membiasakan diri mengeluarkan zakat sesuai dengan ketentuan syari’at Islam. | ||
KI 2 | 2.8 Menunjukkan perilaku taat dan peduli sebagai hikmah dari ketentuan zakat. | |||
KI 3 | 3.8 Memahami ketentuan zakat. | 3.8.1. menjelaskan pengertian zakat 3.8.2. menyebutkan dalil naqli zakat 3.8.3. menjelaskan orang yang berhak menierima zakat 3.8.4. Menjelaskan pengertian zakat fitrah 3.8.5. menjelaskan ketentuan zakat fitrah 3.8.6. Menjelaskan pengertian zakat mal 3.8.7. menjelaskan ketentuan zakat mal 3.8.9. menguraikan hikmah zakat | · Pengertian zakat ….. · Dalil naqli tentang zakat …. · Orang-orang yang berhak menerima zakat · Pengertian zakat fitrah · Ketentuan zakat fitrah · Pengertian zakat mal · Ketentuan zakat mal · Himah zakat | |
K1 4 | 4.8 Mempraktikkan ketentuan zakat. | 4.8.1 menghitung zakat fitrah dalam satu keluarga 4.8.2. menghitung zakat mal untuk setiap jenis harta | · Tatacara menghitung zakat sesuai fitrah ketentuan Islam · Tatacara menghtiung zakat mal untuk setiap jenis harta |
Analisis KI, KD dan Indikator
BAB 6
No | KI | KD | INDIKATOR | MATERI/POKOK BAHASAN |
6. | KI 1 | Meyakini bahwa ibadah haji dan umrah adalah perintah Allah Swt. | ||
KI 2 | Menunjukan perilaku menjaga solidarita sumat Islam dalam kehidupan sehari-hari | |||
KI 3 | 3.9. Memahami ketentuan ibadah haji &umrah | 3.9.1 Menjelaskan pengertian haji 3.9.2 Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah haji 3.9.3 Menjelaskan pengertian umroh 3.9.4 Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan suna tumroh 3.9.5 Menjelaskan Perbedaan larangan haji dan umroh 3.9.6 Jelaskan hikmah haji dan umroh | · Pengertian haji · Syarat, rukun, wajib haji dan sunnah haji · Pengertian umrah · Syarat, rukun, wajib haji dan sunnah umrah · Perbedaan larangan haji dan umrah · Hikmah haji dan umrah | |
K1 4 | 4.9.Mempraktikkan manasik haji | 4.9.1 Mempraktikkan manasik haji |
Analisis KI, KD dan Indikator
BAB 7
No | KI | KD | INDIKATOR | MATERI/ POKOK BAHASAN |
7 | KI. 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | 1.12. Meyakini bahwa berkembangnya Islam di Nusantara sebagai bukti Islam rahmatan lil-al-‘alamin | 1.12.1. Mengimani bahwa berkembangnya Islam di Nusantara sebagai bukti rahmatan lil alamin 1.12.2. Bersyukur kepada Allah dakwah Islam sampai ke Nusantara | Sejarah perkembangan islam di Nusantara |
KI. 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional | 2.12. Menunjukkan perilaku cinta tanah air sebagai implementasi mempelajari sejarah perkembangan Islam di Nusantara | 2.12.1. Menunjukkan perilaku cinta tanah air 2.12.2. Meneladani sikap para pejuang dakwah Islam di Nusantara | | |
| KI. 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. | 3.12. Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara | 3.12.1. Menjelaskan perjalanan dakwah di Nusantara 3.12.2. Metode dakwah Islam di Nusantara 3.12.3. Merinci kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara 3.12.4. Menyebutkan hikmah dakwah Islam di Nusantara | |
| KI. 4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori. | 4.12. Menyajikan rangkaian sejarah perkembangan Islam di Nusantara | 4.12.1. Mendesain ensiklopedia mini rangkaian sejarah perkembangan Islam di Nusantara | |