ANALISIS KI-KD DAN INDIKATOR
SP : SMP
KELAS/SEMESTER : VIII/I (GANJIL)
NO | KI | KD | INDIKATOR | MATERI |
1 | 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.3 Memahami makna beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. | 3.3.1 Mengidentifikasi dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah beserta artinya 3.3.2 Menelaah dalil naqli tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-Qur’an. 3.3.3 Mengidentifikasi bukti-bukti yang relevan terkait dengan keberadaan kitab-kitab Allah. 3.3.4 Mengidentifikasi contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab-kitab Allah. 3.3.5 Menghubungkan makna dalil naqli tentang kitab-kitab Allah dengan bukti-bukti yang relevan terkait dengan keberadaan kitab-kitab Allah. 3.3.6 Merumuskan ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah. | Iman kepada kitab-kitab Allah Swt. |
2 | 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.5 Memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran.. | 3.5.1 Mengidentifikasi bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran. 3.5.2 Mengidentifikasi arti Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta Hadis terkait. 3.5.3 Mengidentifikasi bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaranatau pertanyaan lain yang relevan dan aktual. 3.5.4 Memahami makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 da n 32 serta Hadis terkait. 3.5.5 Mengidentifikasi contoh-contoh nyata bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber. 3.5.6 Merumuskan makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta Hadis terkait. 3.5.7 Menghubungkan bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran dengan makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta Hadis terkait. | Bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran. |
3 | 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.6 Memahami cara menerapkan perilaku jujur dan adil. | 3.6.1 Mengidentifikasi manfaat perilaku jujur dan adil atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual. 3.6.2 Memahami makna Q.S.al-Māidah /5: 8 dan Hadis terkait. 3.6.3 Mengidentifikasi contoh-contoh nyata jujurdan adil dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber. 3.6.4 Mengidentifikasi informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap jujur dan adil. 3.6.5 Merumuskan makna Q.S.al-Māidah /5: 8 dan Hadis terkait. 3.6.6 Menghubungkan perilaku jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari dengan makna Q.S.al-Māidah /5: 8 dan Hadis terkait. 3.6.7 Menghubungkan perilaku jujur dan adil dengan kesuksesan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. | Cara menerapkan perilaku jujur dan adil |
6 | 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.9 Memahami tata cara shalat sunnah berjamaah dan munfarid | 3.9.1 Mengelompokkan macam-macam shalat sunnah berjamaah dan munfarid 3.9.2 Menjelaskan tata cara shalat Sunnah beramaah dan munfarid 3.9.3 Menjelaskan Manfaat shalat Sunnah berjamaah dan munfarid 3.9.4 Menerapkan tata cara sholat sunnah berjamaah dan munfarid 3.9.5 Membandingkan tata cara sholat sunnah berjamaah dengan tata cara sholat sunnah munfarid 3.9.6 Merumuskan prosedur tata cara sholat sunnah berjamaah dan munfarid | Tata cara Shalat sunnah berjamaah dan munfarid |
5 | 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.10 Memahami tata cara sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi | 3.10.1 Mengidentifikasi dalil naqli jelaskan sujud Syukur, Tilawah dan Sahwi 3.10.2 Menyebutkan bacaan Doa sujud Syukur, Tilawah dan Sahwi 3.10.3 Menjelaskan tata cara sujud Syukur, Tilawah dan Sahwi 3.10.4 Menjelaskan manfaat sujud Syukur, Tilawah dan Sahwi 3.10.5 Menerapkan tata cara sujud Syukur Syukur, Tilawah dan Sahwi 3.10.6 Membandingkan antara tata cara sujud Syukur, Tilawah dan Sahwi 3.10.7 Merumuskan tata cara sujud Syukur, Tilawah dan Sahwi 3.10.8 Syukur | Tata cara sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi |
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.13 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa bani Umayyah | 3.13.1 Mengidentifikasi bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah. 3.13.2 Memahami karya dan kiprah tokoh-tokoh ilmuwan muslim pada masa Umayah. 3.13.3 Menjelaskan bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah menjadi paparan yang menarik. 3.13.4 Merumuskan karyadan kiprah tokoh-tokoh ilmuwan muslim pada masa Umayah. | Sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa bani Umayyah | |
7 | 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 Memahami Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana. | 3.1.1 Membaca Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al- Isrā’/17: 26-27 dan hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana 3.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana 3.1.3 Menjelaskan makna Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27. 3.1.4 Menjelaskan tentang hukum bacaan mad 3.1.5 menerapkan bacaan tajwid hukum mad pada Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S.al-Isrā’/17: 26-27. 3.1.6 Menemukan bacaan tajwid hukum mad pada Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S.al-Isrā’/17: 26-27. | Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana. |