BAHAN AJAR PAI DAN BP SMP KELAS 7 BAB 6



MATERI  DENGAN ILMU PENGETAHUAN
SEMUA MENJADI LEBIH MUDAH

Satuan Pendidikan           : SMPN 1 PRAYA TIMUR
Kelas/semester                 : VII / I (Ganjil)
Mata Pelajaran                 : PAI dan BP
Materi                               :  Dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah
Alokasi waktu                  : 3 x 40 menit (2 Pertemuan)

A.    Kompetensi Inti

KI 1     : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2     : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3    : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4    : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
3.1  Memahami makna Q.S. al-Mujadala/58: 11, dan
Q.S. ar-Rahman/55: 33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu.
4.1 Membaca Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil
4.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 serta hadis terkait dengan lancar.
4.3 Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. alMujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33


3.1.1 Menyebutkan arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
3.1.2 Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
3.1.3  Menjelaskan hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11
4.1.1 Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S.
al-Mujadalah
/58:11.
4.2.1 Menunjukan bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11
dengan tartil.
4.3.1 Mendemontrasikan hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11
dengan lancar.

C.    Tujuan Pembelajaran

1.      Menyebutkan arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujdalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
2.      Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
3.      Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11.
4.      Menjelaskan hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al Mujadalah/58:11.
5.      Menunjukan bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
6.      Mendemontrasikan hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
7.      Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait.

D.    Materi pembelajaran





















3.      Terjemahan Qs. Arrahman : 33

“Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah) ” (Q.S. ar-Rahman/55: 33)

4.      Terjemahan Qs. Al-Mujadalah : 11

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan,”Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. al-Mujadalah/58: 11)

5.      Menerapkan Ilmu Tajwid tentang “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah

a.       “Al” Syamsiyah yaitu Suatu lafaz mengandung bacaan “Al” syamsiyah apabila terdapat “Al” diikuti salah satu dari 14 huruf hijaiyah berikut ini.

b.      “Al” Qamariyah Suatu lafaz mengandung bacaan “Al” ( ) qamariyah apabila terdapat “Al”diikuti salah satu dari 14 huruf hijaiyah:



6.      Hadis menuntut ilmu


E.     Kegiatan

1.      Menyajikan QS. ar-Rahman : 33 dan Q.S. al-Mujadalah :11, serta hadis terkait dalam pptx dan poster.


“Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah) ” (Q.S. ar-Rahman/55: 33)

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan,”Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. al-Mujadalah/58: 11)

2.      Guru menjelaskan Qs. ar-Rahman : 33 dan Q.S. al-Mujadalah :11, serta hadis terkait
3.      Menerapkan ilmu tajwid hukum bacaan “Alif lam ta’rif”’ dalam Qs. ar-Rahman : 33 dan Q.S. al-Mujadalah :11
4.      Bermain kartu atau pola pembelajaran struktur.
  
LATIHAN YOOOOO...

1.      Bacalah ayat al-Qur’an berikut dengan benar, kemudian berilah tanda
centang (
) pada kolom di bawah ini sesuai kemampuan yang kamu
miliki dengan jujur!

2.       Berikut adalah contoh bacaan Idgam Syamsiyah dan Alif lam syamsiyah



A.    Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tand silang (X) pada huruf A, B, C, atau D!

1.       Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai pedoman
hidup. Yang dimaksud dengan pedoman hidup adalah menjadi...
A. Bahan untuk dipelajari
B. Kitab yang selalu dibaca
C. Rujukan dalam kehidupan
D. Sumber hukum bernegara

2.       AWAL AYAT....

Kalimat di atas memiliki arti...
A. Wahai sekalian manusia
B. Wahai orang-orang yang beriman
C. Wahai orang-orang yang beruntung
D. Wahai seluruh isi alam

Di dalam ayat tersebut terdabat bacaan “Al”qamariyah sebanyak … tempat
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

5.      Q.S. ar-Rahman/55:33 menjelaskan tentan...
A. Kewajiban berbuat baik kepada orang tua
B. Kewajiban menuntut ilmu
C. Kewajiban menjauhi larangan-larangan Allah Swt.
D. Kewajiban mengerjakan Salat

A.  fathah berhadapan dengan huruf ya sukun
B.  kasroh berhadapan denga huruf  ya sukun
C.  domah berhadapan dengan huruf waw sukun
D.  fathah berhadapan dengan huruf dal sukun

8.      Yang membedakan manusia dengan hewan adalah karena manusia...
A. Memiliki insting dan perasaan
B. Dapat menikmati berbagai makanan
C. Memiliki akal untuk berpikir
D. Mempunyai indera yang lebih tajam

9.      Berikut ini adalah hikmah orang yang berilmu, kecuali...
A. Akan diangkat derajatnya
B. Mampu menyelesaikan masalah
C. Akan beriman dengan sempurna
D. Boleh melakukan apa saja

10.  Q.S. al-Mujadalah/58: 11 menjelaskan tentan
A. Perintah berbuat baik kepada orang tua
B. Derajat orang yang beriman dan berilmu
C. Kewajiban menjauhi larangan-larangan Allah
D. Kewajiban mengerjakan ¡alat

Kunci jawaban

1. C               6. C
2. B               7. C
3. B               8. C
4. D               9. D
5. B               10. B

B.     Jawablah pertanyaan berikut ini!

1.      Tuliskan arti Q.S. ar-Rahman/55: 33!
2.      Tuliskan arti Q.S. al-Mujadalah/58: 11!
3.      Jelaskan kandungan Q.S. ar-Rahman/55: 33!
4.      Jelaskan kandungan Q.S. al-Mujadalah/58: 11!
5.      Tuliskan contoh bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah.

Kunci jawaban

1.         “Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah) ”
2.         “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan,”Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.”
3.         Kandungan Q.S. al-Rahman/55: 33 meliputi:
a.       Manusia dan jin tidak akan mampu menembus penjuru langit dan bumi
untuk mengetahui isinya kecuali atas kekuatan dari Allah Swt.;
b.       Kekuatan dari Allah Swt. Itu berupa akal yang harus dikembangkan
dengan cara belajar;
c.       Belajar itu wajib agar kita dapat menguasai dunia untuk kebaikan umat.
4.         Kandungan Q.S. al-Mujadalah/58: 11 meliputi:
a.       Perintah untuk menuntut ilmu setinggi mungkin;
b.       Perintah untuk selalu beriman kepada allah swt.;
c.       Perintah untuk memuliakan orang-orang yang beriman dan berilmu
pengetahuan.
5.         Contoh bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah

BENTUK PENILAIAN
A.     Penilaian Sikap
Nama Peserta didik                       : .......................................
Kelas                                   : .......................................
Tanggal Pengamatan         : .......................................
Materi Pokok                      : .......................................

Keterangan:
Skor 4       : Selalu
Skor 3       : Sering,
Skor 2       : Kadang-kadang,
Skor 1       : Tidak pernah,
Petunjuk penskoran:

Skor diperoleh  x  4  =  skor akhir
Skor maksimal

Kriteria Nilai:
Sangat baik          : apabila memeroleh skor 3,33 – 4,00
Baik                       : apabila memeroleh skor 2,33 – 3,33
Cukup                  : apabila memeroleh skor 1,33 – 2,33
Kurang                 : apabila memeroleh skor < 1,33

B.      Penilaian kognitif
1.       Teknik: praktik
Instrumen: mencari bacaan Al-syamsiyah dan Al-qamariyah

No
Nama Peserta Didik
Aspek yang dinilai

Menemukan
seluruh
bacaan alif lam syamsiyah dan qamariyah
  (4)
Menemukan
lebih dari 6
bacaan alif lam syamsiyah dan qamariyah

(3)
Menemukan
kurang dari
6 bacaan
alif lam syamsiyah dan qamariyah
   (2)
Tidak
menemukan
bacaan
alif lam syamsiyah dan qamariyah
 (1)
1
Abd. salam




2
Andy misbah




3
Ahmad yasin




4
Azril aziz




5
Badarudin




6
Baedawi




7
Budi




8
Cinta




9
Cayang




10
Dedi




11
Dores




12
Ela




13
Eli




14
Eva




15
Evi




16
Mansur




17
Mahsun




18
Mahdi




19
Mazri




20
Mizi





2.      A. Teknik : tertulis
Bentuk                         : pilihan ganda
Jumlah soal                  : 10 soal pilihan ganda
Pedoman penskoran    : skor setiap jawaban benar = 1
B. Bentuk : uraian
Jumlah soal                  : 5
Pedoman penskoran    : skor setiap jawaban benar= 2
Pedoman penilaian      : Jumlah skor x 100 = (hasil)
                                      Skor maksimal
Kriteria Nilai:
80 – 100          = baik sekali
70-79               = baik
60 – 69            = cukup
<60                  = kurang

C.     Penilaian Psikomotor

No

Nama Peserta Didik

Aspek yang dinilai



Total




Nilai

Keberanian
Partisipasi
Kerjasama
1
Abd. salam





2
Andy misbah





3
Ahmad yasin





4
Azril aziz





5
Badarudin





6
Baedawi





7
Budi





8
Cinta





9
Cayang





10
Dedi





11
Dores





12
Ela





13
Eli





14
Eva





15
Evi





16
Mansur





17
Mahdan





18
Mahdi





19
Mazri





20
Mizi






D.     Remedial

1.      Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2.      Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
a.       Mari Memahami al-Qur’an
b.      Perilaku Orang yang Cinta Ilmu Pengetahuan

E.      Pengayaan

1.      Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2.      Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3.      Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya : Peserta didik diminta mencari contoh hukum bacaan mad far’i. hasilnya di tulis dalam bentuk power point untuk di persentasikan di depan kelas.


LihatTutupKomentar