
BERIKUT ADALAH KUMPULAN SOAL-SOAL YANG DIBUAT OLEH MAHASISWA PPG PAI YANG PERINTAHNYA DALAM BENTUK HOTS
SOAL MODUL11 KB 1
1.  Pembelajaran kurikulum 2013 menjadi media menumbuhsuburkan berbagai kompetensi agar menjadi bekal bagi anak-anak Indonesia bersaing di kancah peradaban dunia. Kompetensi dimaksud sesuai Permendikbud No. 54 tentang Standar Kompetensi Lulusan, yaitu:
A.  Pengetahuan        C. Kekuatan
B.  Hafalan            D. Ingatan
2.  Tantangan internal dalam pendidikan antara lain terkait dengan kondisi dan tuntutan pendidikan yang mengacu kepada delapan (8) Standar Nasional Pendidikan (SNP). Delapan SNP ini meliputi. Kecuali
A.  Standar Pengelolaan     C. Standar Biaya,
B.  Standar kualitas              D. Standar Pendidik  
3.  Hasil analisis lebih jauh untuk studi TIMSS dan PIRLS menunjukkan bahwa soal-soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dibagi menjadi empat (4) kategori, yaitu:
A.  Intermediate mengukur kemampuan sampai level applying
B.  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
C.  Dari usaha sadar tunggal menuju jamak. 
D.  Dari kontrol terpusat menuju otonomi dan kepercayaan
4.   Pembelajaran kurikulum 2013 ditujukan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar..
A.  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri.
B.  Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan
C.  Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret
D.  Mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban dunia.
5.  Dalam mencapai “Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan”, berbagai upaya yang dilakukan antara lain adalah….
A.  Meningkatan kualifikasi dan sertifikasi guru, pembayaran tunjangan sertifikasi, serta uji kompetensi dan pengukuran kinerja guru.
B.  Arus globalisasi juga akan menggeser pola hidup masyarakat dari agraris dan perniagaan tradisional menjadi masyarakat industry
C.  Tantangan eksternal lainnya berupa fenomena negatif yang mengemuka antara lain terkait dengan masalah perkelahian pelajar, masalah narkoba,
D.  Fungsi guru dari pengajar berubah dengan sendirinya menjadi fasilitator bagi siswa-siswanya. 
LALU ARTANIS_ SMP NEGERI 14 MATARAM
MODUL12 KB 2  |      JAWABAN  |      KUNCI  |     |
1  |      Pengertian profesionalitas guru PAI yang tepat adalah   ….  |      a.  suatu perbuatan   terhadap kualitas sikap para guru PAI terhadap profesinya serta deraja   pengetahuan dan keahlian yang mereka memiliki untuk dapat melakukan   tugas-tugasnya. b.  orang yang memiliki   kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu   melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal. c.  orang suatu   perbuatan terhadap kualitas sikap para guru PAI terhadap profesinya serta   deraja pengetahuan dan keahliannya d.  orang yang memiliki   kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu   melakukan tugas dan fungsinya  e.  orang yang memiliki   pengetahuan, kecakapan dan keterampilan serta sikap yang lebih mantap dan   memadai sehingga mampu mengelola proses pembelajaran secara efektif.  |      A  |     
2  |      Perhatikan pernyataan di bawah ini : (1)       kompetensi pedagogik (2)       kompetensi kepribadian (3)       kompetensi sosial  (4)       kompetensi professional (5)       kompetensi psikomotorik berdasarkan pernyataan tersebut   yang bukan termasuk kompetensi guru PAI ialah ….  |      a.  (1) b.  (3) c.  (2) d.  (5) e.  (4)  |      D   |     
3  |      Menurut Gary A. Davis dan Margaret A. Thomas, ada empat   kelompok besar ciri-ciri guru yang efektif, kecuali ….  |      a.  memiliki kemampuan   yang terkait dengan iklim belajar di kelas b.  kemampuan yang   terkait dengan strategi manajemen pembelajaran  c.  memiliki kemampuan   yang terkait dengan pemberian umpan balik (feedback) dan pengeuatan   (reinforcement) d.  memiliki kemampuan   yang terkait dengan peningkatan diri e.  memiliki kemampuan   yang terkait dengan media pembelajaran  |      E   |     
4  |      Berikut ini kemampuan yang terkait dengan peningkatan   diri yang benar ialah ….  |      a.  mampu menerapkan   kurikulum dan metode mengajar secara inovatif b.  mampu melibatkan   siswa dalam mengorganisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran c.  mampu mendengarkan   siswa dan menghargai hak siswa untuk berbicara dalam setiap diskusi d.  mampu memberikan   tindak lanjut terhad;ap jawaban siswa yang kurang memuaskan e.  mampu meminimalkan   friksi-friksi di kelas jika ada  |      A  |     
5  |      Perhatikan   pernyataan berikut ini ! (1)                               pemahaman wawasan atau landasan   pendidikan (2)                               pemahaman tentang peserta didik (3)                               pengembangan kurikulum/silabus (4)                               perencanaan pembelajaran (5)                               pelaksanaan pembelajaran yang mendidik   dan dialogis (6)                               evaluasi hasil belajar (7)                               pengembangan peserta didik untuk   mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Pernyataan di atas termasuk …  |      a.  indikator kompetensi   pedagogik b.  perancangan   pembelajaran c.  pengembangan   kurikulum  d.  evaluasi hasil   belajar e.  pemahaman wawasan   atau landasan pendidikan  |      A   |     
MODUL
MODUL 10 KB 2
1.  Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A.  Behaviorisme
B.  Konstruktivisme
C.  Kognitivisme
D.  Sibernatik
2.  Aspek yang sangat diperhatikan pada teori belajar kognitif adalah…
A.  Hasil belajar
B.  Keragaman peseta didik
C.  Materi belajar
D.  Proses belajar
3.  Dalam teori kognitif, adaptasi mempunyai dua bentuk dan terjadi secara stimultan yaitu asimilasi dan akomodasi. Jelaskan perbedaan asimilasi dan akomodasi
A.  Asimilasi adalah proses perubahan apa yang dipahami sesuai dengan struktur kognitif yang ada baru, sementara Akomodasi adalah proses perubahan struktur kognitif sehingga dapat dipahami
B.  Asimilasi proses perubahan sturktur kognitif sehingga dapat dipahami, sementara Akomodasi adalah proses perubahan sturktur kognitif sehingga dapat dipahami
C.  Asimilasi merupakan proses pengintegrasian atau penyatuan informasi baru ke dalam sturktur kognitif yang telah dimiliki individu, sementara Akomodasi proses penyesuaian struktur kognitif ke dalam situasi yang baru
D.  Asimilasi yaitu proses penyeimbang antara lingkungan luar dengan struktut kognitif yang ada dalam diri, sementara Akomodasi yaitu bertentangannya struktur kognitif dalam diri dengan lingkungan luar
4.  Salah satu aplikasi teori Gagne adalah ‘Mata dikejapkan terhadap suatu suara setelah suara dipasangkan dengan hembusan udara pada mata’. Contoh tersebut adalah kegiatan belajar:
A.  Signal Learning
B.  Stimulus response learning
C.  Behaviour Chaining Learning
D.  Verbal chaining learning 
5.  Ketiga tokoh aliran kognitif (Jean Piaget, Jerome Bruner, David Ausubel) memiliki pandangan yang sama dalam proses pembelajaran yaitu:
A.  Mementingkan media yang digunakan dalam pembelajaran
B.  Mementingkan keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar
C.  Mementingkan hasil evaluasi yang baik
D.  Mementingkan metode pembelajaran yang bagus
MODUL 11  /KURIKULUM DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
KB 3 ( Model-model pembelajaran dalam kurikulum 2013 )
NAMA       : LINA HERLINA 
KELAS      : B                                                                                                                             
NO  |   SOAL  |   OPTION  |   JAWABAN  |  
1  |   RencanaPelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana   kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih yang   dikembangakan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta   didik dalam upaya untuk mencapai kompetensi Dasar (KD).Sebutkan option   dibawah ini yang bukan merupakan komponen RPP…  |   A.  Identitas   sekolah yaitu nama  satuan pendidikan B.  Identitas   mata pelajaran atau tema/sub tema C.  Kelas/semester D.  Materi   pokok E.  Identitas   guru  |   E  |  
2  |   Dalam permendikbud No 65 tentang   standar proses, kegiatan inti menggunakan model  pembelajaran, metode pembelajaran ,media   pembelajaran  dan sumber belajar yang   disesuaikan dengan karakteristik peseeta didik dan mata pelajaran yang dalam   imlementasinya  guru dapat menerapkan   berbagai model pembelajaran yang salah satunya adalah  model Discovery learning. Jelaskan tiga   langkah pembelajaran dalam model discovery learning….  |   A.  Menyaipakan   pertanyaan, mendesain perencanaaan proyek,dan menyusun jadwal B.  Mencipatakan   stimulus, Menyiapakan pernyataan masalah dan mengumpulkan darta C.  Mengorientasi   peserta didik pada masalah, mengorganisasikan kegiatan pembelajarn dan   membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok D.  Menhembangkan   hasil karya, analisis dan kesimpulan E.  Mengolah   data memverifikasi data dan Menarik kesimpulan  |   B  |  
3  |   Pemilihan model pembelajaran (discovery learning   project based learning  atau problem   based learning )sebagai pelaksanaan pendekatan saintifik pembelajaran memerlukan   analisis  yang cermat sesuai dengan   karakteristik kompetensi dan kegiatan pembelajaran dalam silabus. Pemilihan   model pembelajaran  perlu   mempertimbangkan  karakteristik   pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan menurut kategori-kategori   tertentu berdasarkan…..  |   A.  Ferifikasi,   generalization dan proses B.  Statement,   proses dan ferifikasi C.  Faktual,   konseptual, prosedural dan metakognitif D.  Proses,   prosedural dan generalization E.  Data,   proses dan statement    |     C  |  
4  |   Pilihlah diantara option dibawah ini   yang bukan merupakan komponen yang harus ditempuh dalam metode pembelajaran   konstektual….  |   A.  Membuat   keterkaitan-keterkaitan yang bermakna B.  Melakukan   pekerjaan yang berarti C.  Melakukan   pembelajaran yang diatur sendiri D.  Mencapai   standar yang tinggi E.  Memecahkan   masalah  |    E  |  
5  |   Apakah manfaat kegiatan refleksi guru dan siswa terhadap aktivitas   dan hasil proyek yang sudah dijalankan pada setiap akhir proses pembelajaran?  |   A.  Untuk   menguatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran yang di pelajari B.  Untuk   mengungkapkan perasaan dan pengalaman siswa selama  meneyelesaikan   proyek  C.  Untuk   menemukan penemuan/produk  baru D.  Untuk   memperbaiki pemahaman yang salah E.  Untuk   menyelesaikan permaslahan yang terjadi   |      B  |  
SOAL  MODUL  11  KURIKULUM DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODUL 4
NO  |   SOAL MODULL 11 KB 4  |   JAWABAN  |   KUNCI  |  
1  |   Pembelajaran Daring   yang dilakukan oleh mahasiswa PPG Daljabmerupakan salah satu contoh migrasi   dari tekhnologi informasi ke teknologi data. Ketika sebuah Lembaga Pendidikan   memiliki data yang lengkap dan diintegrasikan dengan tekhnologi data ,maka   Lembaga Pendidikan ini  memiliki   peluang untuk membuka kelas virtual.Berikut adalah beberapa hal penting yang   terdapat dalam  kelas Virtual,   kecuali… .  |   a.  Adanya guru yang   dipersiapkan dalam tekhnologi data b.  Adanya materi ajar   yang lengkap c.  Adanya media   pembelajaran yang sudah menggunakan computer d.  Adanya Pengalamn   nyata dalam interaksi dengan  teman   sekelas e.  Evaluasi yang   didesain secara valid  |   D  |  
 2.   |   Perhatikan   pernyataan di bawah ini : 1)Kenakalan   peserta didik 2)   Pergaulan bebas 3)   Pengaruh lingkungan tempat tinggal 4)Latar   belakang keluarga 5)Kasus   Kriminal 6)   Dampak kemajuan teknologi informasi Instrument   yang paling bertanggungjawab terhadap merosotnya moral di kalangan pelajar   terdapat pada nomor … .  |   a.    1, 2  dan 3 b.    2, 3 dan 4 c.    3, 4 dan 5 d.    3, 4 dan 6 e.    2, 4 dan 6  |   D  |  
3.  |   Technological,   Pedagogical and Content (TPACK) adalah sebuah konsep integrasi dari tiga   unsur yang berbeda yaitu :  |   a.  teknologi, pedagogi,   dan konten pengetahuan  b.  teknologi, pedagogi,   dan knowledge c.  teknologi, pedagogi,   dan perencanaan pengetahuan  d.  teknologi, pedagogi,   dan pendekatan pengetahuan  e.  teknologi, pedagogi,   dan pengembangan pengetahuan   |   A  |  
4.  |   Implementasi   CAI adalah pembelajaran yang dibantu dengan komputer dan sepertinya  hal ini sudah banyak dilakukan oleh banyak   guru di Indonesia., Berikut adalah beberapa contoh implementasi CAI , kecuali  |   a.    Word Processor  b.    E-Comersi c.    Microsoft office,  d.    Microsoft Power Point, e.    Microsoft Excel  |   B  |  
5  |   Visi   PAI adalah “menjadikan ajaran Islam sebagai sumber nilai dan pedoman yang   mengantarkan mahasiswa dalam pengembangan profesi dan kepribadian Islami.”   Sementara misi PAI adalah terbinanya mahasiswa yang beriman dan bertakwa,   berilmu dan berakhlak mulia. Berikut   adalah tujuan PAI yang dirumuskan dari visi dan misi di atas ,kecuali  |   a.  Meningkatkan   keimanan dan ketaqwaan mahasiswa kepada Allah SWT b.  Memperkokoh karakter   muslim dalam diri mahasiswa,  c.  Mengantarkan   mahasiswa mampu bersikap irasional dan dinamis  d.  Mengembangkan   pemikiran dan akhlak yang selaras dengan keyakinan Islam  e.  Membimbing mahasiswa   untuk mengembangkan penalaran yang benar dan baik, serta berpikir kritis  |   C  |  
SOAL MODUL 12 KB 4
PENGEMBANGAN PROFESI GURU
NO  |   SOAL  |   KUNCI JAWABAN  |  
1.  |   Salah satu model pengembangan profesionalitas dengan pola   “growth with character”yaitu pengembangan profesionalitas yang   berbasis …. a.  karakter b.  kepribadian c.  kemampuan d.  kondisi mental  e.  tujuan    |   A  |  
2.  |   Strategi pengembangan profesionalitas guru PAI adalah   dengan In House Training (IHT) yang artinya…. a.  pelatihan yang dilaksanakan   di dunia kerja atau industri yang relevan dalam rangka meningkatkan   kompetensi profesional guru b.  Pelatihan yang   dilaksanakan secara internal di kelompok kerja guru, sekolah atau tempat lain   yang ditetapkan c.  Pelatihan melalui   kemitraan sekolah dapat dilaksanakan antara sekolah yang baik dengan yang   kurang baik  d.  Pelatihan melalui   belajar jarak jauh dapat dilaksanakan tanpa menghadirkan instruktur dan   peserta pelatihan  e.  dilaksanakan oleh   kepala sekolah dan guru-guru yang memiliki kewenangan membina   |   B  |  
3.  |   Salah satu prinsip pengembangan keprofesian guru adalah   komprehensif, yaitu …. a.  pengembangankompetensi guru   dapatmenumbuhkankesadarandaninisiatifbagi guru  b.  pengembangankompetensi guru   dapatdipantaudandievaluasi c.  pengembangankompetensi guru   dilaksanakansecarautuh d.  pengembangankompetensi guru   dapatdilaksanakandenganmudaholeh guru  e.  pengembangankompetensi guru   dilakukandenganberagammetode  |   C  |  
4.   |   Pak Mansur adalah seorang kepala sekolah yang baru   menerima bantuan laboratorium multimedia, akan tetapi pemanfaatannya belum   maksimal untuk pembelajaran, antara lain disebabkan oleh kemampuan tenaga   pendidiknya dalam memanfaatkan fasilitas tersebut tidak memadai. Langkah yang   harus dilakukan pak Mansur sebagai kepala sekolah untuk meningkatkan   profesionalitas tenaga guru di sekolahnya adalah …. a.  Memberikan pelatihan   kepada guru dalam pemanfaatan lab b.  Memberikan pelatihan   kepada guru dalam memahami lab c.  Menunjuk tenaga   teknis yang bisa mengelola lab d.  Menunjuk ahli IT   untuk memanfaatkan lab e.  Menunggu arahan dari   atasan terkait penggunaan lab   |   A  |  
5.  |   Passion for peopleadalahsemangatuntukmewujudkanpengabdiankepada   orang lain atasdasarkemanusiaan. Hal   tersebutmerupakanbagiandaripilarutamakarakteryaitu …. a.  Passion for service b.  Ethical fairness c.  Excellence  d.  Citizenship  e.  Passion for profesionalisme  |   E  |  
SOAL HOTS PPG PAI PEDAGOGIK
Nama : Mansur
Modul 13 KB 1
No  |   Soal  |   Kunci Jawaban  |  
1  |   Andi merupakan peserta didik   yang memiliki kecerdasan yang sangat tinggi. Hal tersebut disebabkan karena   perkembangan fisiknya maksimal dalam aspek yang mana? a. Sistem syaraf b. Otot-otot c. Kelenjar endokrin d. Motorik halus e. Motorik kasar  |   A  |  
2  |   Selain perbedaan pada jenis   kelamin, setiap fase perkembangan juga memiliki karakteristik perkembangan   yang berbeda-beda mulai dari bayi sampai dewasa. Berikut ini yang bukan karakteristik   perkembangan fisik peserta didik berdasarkan rentang usia, yakni: a.    Karakteristik perkembangan fisik pada masa kanak-kanak   0-5 tahun b.    Karakteristik perkembangan fisik pada masa anak Usia   10-11 tahun c.    Karakteristik perkembangan fisik pada masa remaja d.    Karakteristik perkembangan fisik pada masa dewasa e.    Karakteristik perkembangan fisik pada masa lanjut usia  |   E  |  
3  |   Begitu pentingnya peran guru   dalam pembelajaran sehingga muncul kesepakatan bahwa guru adalah pahlawan   bangsa. letak masa depan bangsa berada di tangan guru. Guru juga sebagai   penyampai kebenaran dan pengetahuan yang bersifat ilahiyah. Berdakwah dalam   model pendidikan formal. Selain itu, juga guru sangat berkontribusi dalam... a.    pembentukan sikap peserta didik. b.    pembentukan akhlak peserta didik c.    pembentukan karakter peserta didik d.    pembentukan tabeat peserta didik e.    pembentukan kognitif peserta didik  |   C  |  
4  |   Ketika berada di taman bermain, si Parman   berlari-lari di lapangan dan dia sudah mampu menunjukkan ciri gerakan   psikomotorik berupa jalan berjingkrak dengan kaki yang bergantian meskipun   belum cukup mampu berhenti secara tiba-tiba saat dia berlari cepat, melihat   perilaku tersebut, maka si Parman diprediksi berusia... a.    Usia 9 tahun b.    Usia 7 tahun c.    Usia 6 tahun d.    Usia 5 tahun e.    Usia 3 tahun  |   E  |  
5  |   Bagaiman cara anda mengajarkan jika ada salah satu peserta didik   anda mengalami gangguan pendengaran? a.    Menggunakan model telaah film b.    Menggunakan model diskusi c.    Auditory Verbal Therapy d.    Contectual teaching learning e.    ceramah  |   C  |  
MODUL 13 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK KB 2
Oleh
PARMAN
1.  Perhatikan bentuk-bentuk emosi positif dan emosi negatif di bawah ini!
1.      Eagemess             
2.      Humor 
3.      Impatience
4.      Joy
5.      Pleasure
6.      Curiosity
Energi positif ditunjukkan pada nomor...
a.  1, 2 dan 3
b.  4, 5 dan 6
c.  2, 3 dan 4
d.  3, 4 dan 6
e.  3, 4 dan 5
2.  Proses terjadinya emosi menurut Rosenblam melalui lima tahapan yaitu….
a.  Elicitors – Receptors – State – Expression – Experience
b.  Receptors - Elicitors- State – Expression – Experience
c.  State – Expression – Experience – Receptors – Elicitors
d.  Expression – Experience - Receptors – Elicitors – State
e.  Elicitors – State - Expression – Experience – State
3.  Ada lima jenis kegiatan belajar turut menunjang pola perkembangan emosi anak yaitu:
a.       Belajar secara coba dan ralat
b.      Belajar dengan cara menebak 
c.       Belajar dengan cara mempersembahkan diri
d.      Belajar melalui komunikasi
e.       Pelantikan
4.  Amir adalah remaja yang berusia 16 tahun. Setiap hari selalu tampil dengan mode yang berbeda. Sikapnya juga selalu berubah dan mulai ingin tampil memegang peran-peran sosial di masyarakat.  Namun masih belum bisa mengatur dan memisahkan tugas dalam peran yang berbeda – beda. Dari ilustrasi tersebut adalah contoh tahap perkembangan psikososial, yaitu... 
a.  Indusstry vs Inferiority
b.  Ego-identity vs Role on fusion
c.  Inisiative vs Guilt
d.  Autonomy vs Shame
e.  Trust vs Mistrust
5.  Strategi yang dapat dilakukan oleh guru di sekolah dalam upaya membantu peserta didik  memperoleh tingkah laku interpersonal yang efektif  adalah...
a.       Guru harus terampil dalam mengamati atau mengobservasi berbagai karakter dan perilaku sosial anak.
b.      Guru harus memiliki kemampuan dan keterampilan dalam merekam, mencatat, perbuatan apa yang akan menyertai peserta didik
c.       Guru mengajarkan keterampilan-keterampilan sosial dan strategi pemecahan masalah sosial.
d.      Guru tidak boleh membuat jarak social dengan peserta didik
e.       Sebaiknya guru bersifat objektif, bertindak sesuai kadar dan tingkatan ekspresi yang ditampilkan anak
SOAL MODUL 14  EVALUASI PEMBELAJARAN KB-2
oleh
AFIFUDDIN
SOAL MODUL 14 KB-2
No. SOAL  |   SOAL  |   KUNCI  |   KET.  |  
1  |   Sebagai guru mata pelajaran ibu Maemunah melakukan   penilaian tidak hanya melakukan penilaian kognitif tetapi juga afektif dan   psikomotorik, yang berusaha mengungkap kondisi nyata atau keadaan   sesungguhnya yang berkaitan dengan kemampuan peserta didik. Ilustrasi   tersebut menunjukkan bahwa ibu Maemunah telah melakukan penilaian... a.    Authentik b.    Sumatif c.    Diagnostik d.    Formatif e.    Evaluatif  |   A  |   |
2  |   Penilaian sikap pada pembelajaran yang berorientasi   HOTS tidaklah merubah konsep penilaian sikap pada Kurikulum 2013, dalam   penilaian sikap dikenal ada instrumen dalam bentuk jurnal dan penilaian diri.   Penilaian diri ialah penilaian terhadap kelebihan dan kekurangan diri peserta   didik dalam konteks pencapaian kompetensi. Sedangkan jurnal ialah catatan   tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan   perilaku. Perbedaan penilaian diri dan jurnal dilihat dari fungsinya ialah... a.    Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai   alat konfirmasi terhadap jurnal, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan   yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan perilaku peserta didik. b.    Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai   alat konfirmasi terhadap penilaian antar teman, sedangkan jurnal adalah hasil   pengamatan yang dilakukan oleh peserta didik tetang sikap dan perilakunya. c.    Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai   alat konfirmasi terhadap hasil wawancara, sedangkan jurnal adalah hasil   pengamatan yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan perilaku peserta   didik. d.    Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai   alat konfirmasi jurnal, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang   dilakukan oleh temannya tentang sikap dan perilaku peserta didik. e.    Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai   alat konfirmasi terhadap hasil wawancara, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan   yang dilakukan oleh dirinya tentang sikap dan perilaku peserta didik.  |   A  |   |
3  |   Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh Ibu Hasanah   menggunakan HOTS, dengan tujuan peserta didik dapat ditingkatkan kemampuan   berpikirnya menjadi kemampuan kemampuan berfikir tingkat tinggi (Higher Order   Thinking Skills / HOTS), dan terbiasa untuk berfikir secara luas dan mendalam   tentang materi pelajaran dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.   Ilustrasi tersebut menunjukkan Ibu Hasanah mengukur.... a.    Dimensi factual peserta didik b.    Dimensi konseptual peserta didik c.    Dimensi metakognisi peserta didik d.    Dimensi prosedural peserta didik e.    Dimensi kreativitas peserta didik  |   C  |   |
4  |   Terkait dengan tuntutan dan tantangan kehidupan di abad   21 terjadi penyempurnaan kurikulum 2013 antara lain dalam  standar penilaian, dengan tujuan memberi   ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur berfikir tingkat   tinggi. Ilustrasi tersebut menggambarkan dari penilaian..... a.    Penilaian HOTS b.    Penilaian LOTS c.    Penilaian level tingkat 1 d.    Penilaian level tingkat 2 e.    Penilaian level tingkat 6  |   A  |   |
5  |   Bagi pendidik yang sudah terbiasa menyusun soal-soal   HOTS di dalam mengukur dan menilai perkembangan peserta didiknya, keadaan ini   menjunjukkan bahwa pendidik/guru tersebut telah meningkatkan mutu pendidikan.   Dengan tepat ilustrasi tersebut dapat dijelaskan oleh peran soal HOTS   sebagai... a.    Memupuk rasa cinta dan peduli kepada kemajuan daerah   masing-masing b.    Meningkatkan mutu penilaian karena penilaian yang   dihasilkan menjadi berkualitas c.    Meningkatkan motivasi belajar karena penilaian yang   dihasilkan sesuai kebutuhan. d.    Mempersiapkan kompetensi pendidik dalam mempersiapkan   kompetensi peserta didik e.    Meningkatkan kualitas soal karena dengan soal HOTS   dapat memotivasi belajar peserta didik  |   B  |   
TUGAS LOKA KARYA 
SOAL EVALUASI PEMBELAJARAN 
MODUL 14 KB 3
MAHDAN KUSUMAJAYA , S.PdI
1.  Penilaian sikap pada pembelajaran yang beriorentasi HOTS tidaklah merubah konsep penilaian sikap pada kurikulum K 13 ,dalam penilaian sikap dikenal ada instrumen dalam bentuk jurnal dan penilaian diri.penilaian diri ialah penilaian terhadap kelebihan dan kekurangan peserta didik dalam konteks pencapaian kompetensi, sedangkan jurnal ialah catatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku. perbedaan penilaian diri dan jurnal dilihat dari fungsinya ialah :
a.  Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap jurnal, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan perilaku peserta didik
b.  Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap penilaian antar teman, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh pesertadidik tentang sikap dan perilakunya
c.  Penilaian diri adalah penilaian yg berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap hasil wawancara, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan perilaku peserta didik
d.  Penilaian diri adalahpenilaian yang berfungsi sebagai alat komfirmasi terhadap jurnal, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakuakan oleh temannnya tentang sikap perilaku peserta didik 
Jawaban : A
2.  Pada saat penyusunan tes hasil belajar langkah langkah yang benar dalam penyusunan tes hasil belajar dapat diurutkan :
a.  tabel sfesifikasi tes, menulis soal,mentelaah soal tes, uji coba, analisis butir soal, perbaiki tes,merakit tes,menafsirkan tes
b.  tabel sfesifikasi tes, mentelaah soal,menulis soal, analisis butir soal, uji coba, perbaiki tes,merakit tes,menafsirkan tes
c.  tabel sfesifikasi tes, menulis soal, , analisis butir soal,mentelaah butir soal, uji coba, perbaiki tes,merakit tes,menafsirkan tes
d.  tabel sfesifikasi tes, merakit soal,menulis soal , mentelaah soal tes, uji coba,analisis butir soal, perbaiki tes, menafsirkan tes
Jawaban : A
3.  instrumen atau alat ukur berupa tes hasil belajar yang berkualitas dapat diketahui melalui analisis butir soal dan analisis perangkat soal. Hasil dari analisis butir soal didapati jika butir soal yang disusun mampu dijawab dengan benar oleh sebagian testee ( peserta tes ). Berdasarkan ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa butir soal tersebut dalam kategori mudah dapat di contohkan adalah sebagai berikut:
a.  mudah dengan tingkat kesukaran butir soal = 0,20
b.  mudah dengan tingkat kesukaran butir soal = 0,10
c.  mudah dengan tingkat kesukaran butir soal = 0,40
d.  mudah dengan tingkat kesukaran butir soal = 0,50
e.  mudah dengan tingkat kesukaran butir soal = 0,80
jawaban :E
4.  Salah satu ciri dari butir soal tes objectif yang baik adalah jika butir soal tersebut mempunyai distractor atau pengecoh yang baik yang dimaksud pengecoh ialah :
a.  Semua option ( pilihan ) jawaban dan butir soal tes,dan yang memilih banyak dari kelompok bawah ( malas belajar )
b.  Semua option ( pilihan ) jawaban selain dari kunci jawaban  dan butir soal tes,dan yang memilih banyak dari kelompok bawah ( malas belajar )
c.  Semua option ( pilihan ) jawaban selain dari kunci jawaban dan butir soal tes,dan yang memilih banyak dari kelompok bawah ( malas belajar )dan kelompok atas ( rajin belajar )
d.  Semua option ( pilihan ) jawaban selain dari kunci jawaban  dan butir soal tes,dan yang memilih banyak dari kelompok atas( rajin belajar )
e.  Semua option ( pilihan ) jawaban dari butir soal tes,dan yang memilih banyak dari kelompok atas ( rajin belajar )
Jawaban : B
5.  Pengujian tes hasil belajar dapat dilakukan melalui uji validitas rasional dan uji validitas empiris. Uji validitas rasional dilakukan mentelaah content ( isi ) dan konstruk, sedangkan validitas empiris adalah validitas yang ditentukan berdasarkan kriteria , baik kriteria internal maupun kriteria eksternal . perbedaan dari pelaksanaan uji validitas rasional dan validitas empirik adalah :
a.  Validitas empiris dilaksanakan terlebih dahulu sedangkan validitas rasional  dilaksanakanterkemudian 
b.  Validitas rasional dan validitas empiris dilaksanakansecara bersama sama 
c.  Validitas rasional dilaksanakan terlebih dahulu, sedangkan validitas empiris dilaksanakan dilaksanakan terkemudian
d.  Validitas rasional dilaksanakan jika tidak dilaksanakan validitas empiris 
e.  Validitas rasional dilaksanakan dapat dilaksanakan sebelum dan sesudah validitas empiris 
Jawaban : C
SOAL – SOAL  MODUL EVALUASI PEMBELAJARAN  KB 1  KOGNITIF
1.  Jenjang kemampuan yang menuntut peserta didik untuk dapat mengenal i atau mengetahui adanya konsep , prinsip , fakta atau istilah tanpa harus mengerti atau dapat mengunakannya . Kata kerja operasional yang dapat digunakan diantaranya : mendefinisikan , , memberikan , mengidentifikasi , memberi nama , menyusun daftar , mencocokkan , menyebutkan , membuat garis besar , menyatakan dan memilih , ini adalah pengertian dari .............
a.  Pengetahuan / hafalan / ingatan { knowledge }
b.  Pemahaman { comprehension }
c.  Penerapan [ application }               jawaban : A / Pengetahuan 
d.  Analisis { Analysis }
2.  Pak  Amir guru SD  Taman pendidikan Islam Kecamatan Gedangan Sidoarjo mengadakan ulangan harian  kepada peserta didik yang berjumlah  35  peserta didik  yaitu mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam  , ternyata  dari hasil ulangan tersebut  yang  mendapat nilai  , pesrta didik yang mendapat nilai  80  adalah  berjumlah 33 peserta didik , sehingga  33 peserta didik  dinyatakan lulus sedangkan  2 peserta didik dinyatakan tidak lulus , pernyataan ini disebut ...................
a.  Tujuan Evaluasi 
b.  Evaluasi  Pembelajaran           Jawaban : b / evaluasi pembelajaran 
c.  Fungsi Evaluasi 
d.  Prinsip – prinsip Evaluasi 
3.  Diantara prinsip – prinsip Evaluasi  dibawah ini , kecuali 
     a.Objektif 
    b. Terpadu          jawaban : d / akuntabel 
    c. Holistik 
   d. Akuntabel 
 SOAL –SOAL AFEKTIF 
1.  Peserta didik harus taat peraturan yang diterapkan di sekolah . Penerapan tata tertib di sekolah yang harus ditaati oleh setiap siswa di sekolah tersebut merupakan wujud dari ?   COERCION 
2.  Apa yang dilakukan peserta didik yang baik ketika ia menemukan dompet temannya yang tertinggal ?  mengembalikan dompet tersebut tanpa mengambil apa yang ada dalam dompet tersebut .
 SOAL – SOAL  PSIKOMOTORIK 
1.  Bagaimana respon peserta didik ketika melihat guru  yang membawa buku yang banyak ?  membantu dan membawakannya 
2.  Apa yang dilakukan oleh guru saat melihat peserta didik yang terlambat  ? menasehati disertai hukuman
OLEH ; H . ABD . SALAM 
TUGAS MEMBUAT SOAL BESERTA JAWABAN
MODUL .14 -  EVALUASI PEMBELAJARAN 
KB.4 – PELAKSANAAN PROGRAM TINDAK LANJUT
Nama  :  Abdurrahim
Soal No.  |   S O A L  |   KUNCI JAWABAN  |   KET  |  
1  |   1.  Ibu   Nurjannah sebagai guru, berdasarkan hasil penilaian terhadap peserta didik,   ia bermaksud melaksanakan program tindak lanjut yaitu program remedial dan   pengayaan. Yang dimaksud dengan program pengayaan adalah : a.  Pembelajaran yang diberikan kepada   peserta didik yang telah mencapai dan / melampaui KKM b.  Pembelajaran   yang diberikan kepada pesserta didik yang cepat dan lamban dalam   menyelesaikan tugas belajarnya. c.  Pembelajaran   yang diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM d.  Pembelajaran   yang diberikan kepada peserta didik yang belum dan telah mencapai KKM e.  Pembelajaran   yang diberikan kepada peserta didik yang lamban dalam menyelesaikan tugas   belajarnya.  |   A  |   |
2  |   2.  Dari   hasil evaluasi formatif pada mata pelajaran, pak Salim mendapatkan data ada   siswa yang sudah mencapai / melampaui KKM dan ada yang belum mencapai KKM,   dari informasi atau data yang diperoleh berdasarkan tes hasil belajar   tersebut, pak Salim kemudian menindaklanjuti dalam bentuk program remedial   dan pengayaan kepada para siswanya, ilustrasi tersebut menunjukkan sebagai…. a.  Prinsip   evaluasi b.  Acuan   evaluasi c.  Syarat   evaluasi d.  Fungsi evaluasi e.  Pendekatan   evaluasi   |   D  |   |
3  |   3.  Setelah   dilakukan tes peraktek penyelenggaraan jenazah, selanjutnya ust. Faisal   berencana melakasanakan tes tertulis sebagai program remedial, tes tertulis   tersebut diberlakukan bagi para peserta didik yang belum mencapai KKM. Berdasarkan ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa   ust. Faisal akan melakukan tes tertulis yaitu mengukur obyek evaluasi pada   ranah…. a.  Afektif b.  Behavior c.  Psikomotorik d.  Konasi e.  Kognitif  |   C  |   |
4  |   4.  Berdasarkan   dari langkah-langkah pelaksanaan program remedial terdapat langkah-langkah   dalam bentuk menetapkan nilai yang diperoleh peserta didik setelah program   remedial dilaksanakan, ada tiga penetapan yang dapat dipilih untuk digunakan   yaitu…… a.  Menggunakan   nilai tertinggi, nilai batas KKM, nilai median b.  Menggunakan   nilai batas KKM, nilai capaian tertinggi, nilai capaian akhir c.  Menggunakan nilai batas KKM, nilai   rerata, nilai capaian akhir d.  Menggunakan   nilai capaian akhir, nilai median, nilai batas KKM e.  Menggunakan   nilai capaian akhir, nilai rerata, nilai capaian tertinggi  |   C  |   |
5  |   5.  Perhatikan   pernyataan berikut : 1)  Menganalisis   kebutuhan, yaitu mengidentifikasi kesulitan atau permasalahan pembelajaran   dan kebutuhan peserta didik, berdasarkan analisis terhadap Penilaian Harian   (PH) dan Penilaian Tengah Semester (PTS). Permasalahan pembelajaran, antara   lain keunikan peserta didik, materi ajar, dan strategi belajar.  2)  Melaksanakan program   remedial.  3)  Menetapkan nilai   yang diperoleh peserta didik setelah program remedial sebagai nilai akhir   capaian KD muatan pelajaran. 4)  Melaksanakan   penilaian untuk mengetahui keberhasilan peserta didik. 5)  Menyusun perencanaan   berdasarkan permasalahan pembelajaran, yaitu memperbaiki rencana pembelajaran   yang disesuaikan dengan hasil analisis kebutuhan peserta didik yaitu   merancang pembelajaran yang meliputi merancang rencana pembelajaran,   merancang kegiatan pembelajaran  Adapun urutan langkah-langkah program remedial   yang benar adalah sebagai berikut:  a.  1-5-2-4-3 b.  1-2-3-4-5 c.  3-4-5-1-2 d.  4-2-3-1-5 e.  3-5-4-2-1  |   A  |   |
6  |   6.  Setelah memeriksa hasil tes dan   peserta didik telah mengetahui pencapaian nilainya, terhadap peserta didik yang capaiannya dibawah KKM,   pak Udi mengarahkan dan memotivasi mereka supaya tidak pesimis dan patah   semangat melihat hasil tesnya pada posisi dibawah standart. Setelah itu   semangat mereka tumbuh kembali untuk mengikuti program remedial. Ilustrasi   ini menggambarkan bahwa pak Udin telah melaksanakan.. a.  Prinsip-prinsip program remedial b.  Langkah-langkah   program remedial c.  Program pengayaan d.  Program pemadatan materi e.  Program inkuiri  |   
TUGAS MEMBUAT SOAL BESERTA JAWABAN
MODUL .14 -  EVALUASI PEMBELAJARAN 
KB.4 – PELAKSANAAN PROGRAM TINDAK LANJUT
Nama  : Budi Sutriadi Syahbana
Soal No.  |   S O A L  |   KUNCI JAWABAN  |   KET  |  
1  |   1.  Ibu   Nurjannah sebagai guru, berdasarkan hasil penilaian terhadap peserta didik,   ia bermaksud melaksanakan program tindak lanjut yaitu program remedial dan   pengayaan. Yang dimaksud dengan program pengayaan adalah : a.  Pembelajaran yang diberikan kepada   peserta didik yang telah mencapai dan / melampaui KKM b.  Pembelajaran   yang diberikan kepada pesserta didik yang cepat dan lamban dalam   menyelesaikan tugas belajarnya. c.  Pembelajaran   yang diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM d.  Pembelajaran   yang diberikan kepada peserta didik yang belum dan telah mencapai KKM e.  Pembelajaran   yang diberikan kepada peserta didik yang lamban dalam menyelesaikan tugas   belajarnya.  |   A  |   |
2  |   2.  Dari   hasil evaluasi formatif pada mata pelajaran, pak Salim mendapatkan data ada   siswa yang sudah mencapai / melampaui KKM dan ada yang belum mencapai KKM,   dari informasi atau data yang diperoleh berdasarkan tes hasil belajar   tersebut, pak Salim kemudian menindaklanjuti dalam bentuk program remedial   dan pengayaan kepada para siswanya, ilustrasi tersebut menunjukkan sebagai…. a.  Prinsip   evaluasi b.  Acuan   evaluasi c.  Syarat   evaluasi d.  Fungsi evaluasi e.  Pendekatan   evaluasi   |   D  |   |
3  |   3.  Setelah   dilakukan tes peraktek penyelenggaraan jenazah, selanjutnya ust. Faisal   berencana melakasanakan tes tertulis sebagai program remedial, tes tertulis   tersebut diberlakukan bagi para peserta didik yang belum mencapai KKM. Berdasarkan ilustrasi tersebut   menunjukkan bahwa ust. Faisal akan melakukan tes tertulis yaitu mengukur   obyek evaluasi pada ranah…. a.  Afektif b.  Behavior c.  Psikomotorik d.  Konasi e.  Kognitif  |   C  |   |
4  |   4.  Berdasarkan   dari langkah-langkah pelaksanaan program remedial terdapat langkah-langkah   dalam bentuk menetapkan nilai yang diperoleh peserta didik setelah program   remedial dilaksanakan, ada tiga penetapan yang dapat dipilih untuk digunakan   yaitu…… a.  Menggunakan   nilai tertinggi, nilai batas KKM, nilai median b.  Menggunakan   nilai batas KKM, nilai capaian tertinggi, nilai capaian akhir c.  Menggunakan nilai batas KKM, nilai   rerata, nilai capaian akhir d.  Menggunakan   nilai capaian akhir, nilai median, nilai batas KKM e.  Menggunakan   nilai capaian akhir, nilai rerata, nilai capaian tertinggi  |   C  |   |
5  |   5.  Perhatikan   pernyataan berikut : 1.  Menganalisis   kebutuhan, yaitu mengidentifikasi kesulitan atau permasalahan pembelajaran   dan kebutuhan peserta didik, berdasarkan analisis terhadap Penilaian Harian   (PH) dan Penilaian Tengah Semester (PTS). Permasalahan pembelajaran, antara   lain keunikan peserta didik, materi ajar, dan strategi belajar. 2.  Melaksanakan program   remedial. 3.  Menetapkan nilai   yang diperoleh peserta didik setelah program remedial sebagai nilai akhir   capaian KD muatan pelajaran. 4.  Melaksanakan   penilaian untuk mengetahui keberhasilan peserta didik. 5.  Menyusun perencanaan   berdasarkan permasalahan pembelajaran, yaitu memperbaiki rencana pembelajaran   yang disesuaikan dengan hasil analisis kebutuhan peserta didik yaitu   merancang pembelajaran yang meliputi merancang rencana pembelajaran,   merancang kegiatan pembelajaran  Adapun urutan langkah-langkah program remedial   yang benar adalah sebagai berikut:  a.  1-5-2-4-3 b.  1-2-3-4-5 c.  3-4-5-1-2 d.  4-2-3-1-5 e.  3-5-4-2-1  |   A  |   |
6  |   6.  Setelah memeriksa hasil tes dan   peserta didik telah mengetahui pencapaian nilainya, terhadap peserta didik   yang capaiannya dibawah KKM, pak Udi mengarahkan dan memotivasi mereka supaya   tidak pesimis dan patah semangat melihat hasil tesnya pada posisi dibawah   standart. Setelah itu semangat mereka tumbuh kembali untuk mengikuti program   remedial. Ilustrasi ini menggambarkan bahwa pak Udin telah melaksanakan.. a.  Prinsip-prinsip program remedial b.  Langkah-langkah   program remedial c.  Program pengayaan d.  Program pemadatan materi e.  Program inkuiri  |   
MODUL KURIKULUM Kb 1
1.  Kurikulumk13[k.13 mengembangkandua modus prosrespembelajaranyaitusecara…
A.  Langsung
B.  Tidaklangsung
C.  langsungdantidaklangsung
D.  Kelompok
E.  Individu
2.  Pembelajantidaklangsungberkenandenganpembelajaran yang menyangkut KD yang di kembangkandari KI-I dan KI-2 proses pembelajaranterdiriataslimapembelajaranpokokyaitu…
A.  Mengamati.menanya,mengumpulkaninformasi.mengasosiasimengkomunikasikan
B.  Menilai,menanya,mengumpulkaninformasi.mengasosiasi.meengkomunikasika
C.  Mengamati.menilai.menanya,meminformasikanmengasosiasika
D.  Menanya,mengamati,mengaumpulaninfomasikanmenilai
3.  Proses  pendidikandimanapesertadididkmengembankanpengetahuan,kemampuanbepikirdanketerampilanpsikomotorikmelalauinteraksilangsungdengansumberbelajaryangdirancangdalam….
A.  Silabusdan RPP
B.  Silabus
C.  Prota
D.  Analisis
E.  KKM
4.  Langkah-langkahpenerapanstrategiMenggabungkan 2 dan 4 kekuatanadalah..
A.  Pesertadidikmembuatjawabanbaruatasmasalah yang disepakatiberdua
B.  Klarifikasi .penyimpulandantindaklanjut
C.  Pastikansetiapkelompokmendiskusikanjawabansoaltersebut
D.  Bagikelasmenjadibeberapakelompokkecil
E.  Berikansoalstudikasussesuaikompetensiint{KI}dankompetensidasar{KD]
5.  Strateg Information Search{mencariinformasi] starategiinidapat di gunakanpadalefel ….
A.  Tingkat  SD
B.  Tingkat TK
C.  Tingkat MTS KLS  SATU
D.  Tingkat MTS KLS IX dan MA
E.  Tingkat SD KLS  6 DAN MTS
SOAL MATERI MODUL 12 KB 3
HIRWAN _ SMA NEGERI 6 SKOUW JAYAPURA
NO  |   MODUL 1 HADITS KB 1  |   JAWABAN  |   KUNCI  |  
1  |   Tujuan dari adanya kode etik   guru adalah ….  |   a.  untuk menjamin agar tugas pekerjaan keprofesian itu   terwujud sebagaimana mestinya dan kepentingan semua pihak terlindungi   sebagaimana layaknya. b.  untuk membuat pekerjaan itu menyenangkan sehingga   mendatangkan penghasilan yang baik. c.  untuk dapat menghasilkan hasil kerja yang menguntungkan d.  untuk memperoleh kepuasan dengan pekerjaan yang telah   dikerjakan e.  untuk membuat mitra kerja nyaman dalam melaksanakan   tugasnya.  |   A  |  
2  |   Rumusan dan isi kode etik guru   senantiasa diperbaiki dan disesuaikan dalam setiap kongres, kongres pertama   adalah tahap pengesahan yang diselenggarakan pada tahun ….  |   a.1971 – 1973 b.1972 – 1974 c.1973 – 1975 d.1974 – 1976 1975 – 1977  |   A  |  
3  |   Seorang guru harus memegang teguh kode   etik guru, karena kode etik guru berfungsi sebagai ….   |   a.ukuran keberhasilan guru b.standar penilaian sikap guru c.konsekuwensi profesi   guru  d.penentu kelayakan   menajdi guru e.standar norma pelaksaan profesi guru  |   E  |  
4  |   Meskipun kode etik itu   dijadikan sebagai pedoman atau standar pelaksanaan kegiatan profesi, tetapi   kode etik ini masih memiliki beberapa keterbatasan, berikut ini yang tidak   termasuk bagian dari keterbatasan kode etik guru adalah ….   |   a.  beberapa isu tidak dapat diselesaikan dengan kode etik, b.  ada beberapa kesulitan dalam menerapkan kode etik c.  kadang-kadang timbul konflik dalam lingkup kode etik, d.  ada beberapa hal yang justru merugikan guru ketika kode   etik diterapkan e.  ada beberapa isu legal dan etika yang tidak dapat   tergarap oleh kode etik,  |   D  |  
5  |   Dalam rancangan Undang-undang   Sistem Pendidikan Nasional pasal 42 dinyatakan “Setiap tenaga Pendidikan   berkewajiban untuk:  (1) menciptakan suasana   pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis;  (2) mempunyai komitmen secara   profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan, dan  (3) memberi teladan dan menjaga   nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang   diberikan kepadanya”. Manakah diantara pernyataan   berikut ini yang tidak mencermikan sikap penerapan UU Sistem Pendidikan   Nasional Pasal 42 adalah ….   |   a.  guru berkewajiban melaksanakan tugas dengan ikhlas dan   penuh tanggung jawab. b.  Guru memiliki komitemen yang baik terhadap keberhasilan   proses pembelajaran di sekolah c.  Guru seharusnya dapat menjadi teladan bagi peserta   didik maupun masyarakat. d.  Guru menjadi profesi yang terpandang karena memiliki   penghasilan yang layak e.  Guru senantiasa menjaga nama baik Lembaga maupun   profesi.  |   D  |  
