ANALISI KI, KD DAN INDIKATOR KELAS 7 PAI SMP



KUMPULAN TUGAS ANALISIS KI, KD  DAN INDIKATOR KELAS 7 SMP

NAMA                                    : PARMAN, S.Pd.I
NO PESERTA                        : 520729000156
SATUAN PENDIDIKAN      : SMP
MATERI                                 : BAB III THAHARAH
KELAS                                   : VII

NO
KI
KD
INDIKATOR

MATERI

PENILAIAN
TEKHNIK
BENTUK

KI 1
1.7    Menghayati ajaran bersuci  dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.
1.7.1 Membiasakan diri berprilaku suci dari hadast besar dan hadast kecil sesuai syari’at islam.
Ketentuan  bersuci dari hadas kecil dan hadas besar


Tes
Rubrik

KI 2
2.7 Menghayati perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam.
2.7.1 Menjaga kebersihan diri dari hadast besar dan hadast kecil dalam kehidupan sehari-hari.






KI 3
3.7 Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar  berdasarkan ketentuan syari’at Islam.
3.7.1.    Menjelaskan  ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
3.7.2.    Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas kecil
3.7.3.     dan hadas besar berdasarkan syariat  Islam.


 Tes





PG dan Uraian

KI 4
4.7 Menyajikan cara bersuci ari hadas besar.
4.7.1        Menunjukkan contoh  bersuci dari  hadas kecil dan  hadas  besar.
4.7.2        Mempraktikkan bersuci dari hadas kecil dan  hadas besar dalam kehidupan sehari-hari


Non tes
Pengamatan

TUGAS ANALISIS KI-KD DAN INDIKATOR

NAMA                                   : AFIFUDDIN
NO. PESERTA                     : 520320001098
SATUAN PENDIDIKAN    : SMP
MATERI                               : BAB IV, SHALAT BERJAMAAH
KELAS                                  : 7

NO.
KI
KD
INDIKATOR
MATERI
PENILAIAN
TEKNIK
BENTUK
1
KI 1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.8  Menunaikan salat wajib berjemaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.8.1    Menyenangi kegiatan salat berjamaah
1.8.2    Membiasakan diri salat berjamaah
Shalat berjamaah




KI 2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

2.8  Menghayati perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat berjemaah

2.8.1    Menunjukkan perilaku disiplin, demokratis dan toleransi sebagai implementasi dari pelaksanaan salat berjamaah
2.8.2    Memprakarsai perilaku disiplin, demokratis dan toleransi sebagai implementasi dari pelaksanaan salat berjamaah




KI 3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.8  Memahami ketentuan salat berjemaah

3.8.1    Menjelaskan pengertian shalat wajib berjamaah dan dasar hukunya.
3.8.2    Menjelaskan syarat sah shalat berjamaah.
3.8.3    Menyebutkan hukum shalat berjamaah
3.8.4    Menyebutkan halangan shalat berjamaah
3.8.5    Menyebutkan keutamaan shalat berjamaah.
Ø  Pengertian shalat berjamaah
Ø  Dalil naqli mengenai shalat berjamaah
Ø  Ketentuan shalat berjamaah
Tes
PG / Essay

KI 4.  Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.8  Mempraktikkan salat berjamaah

 4.8.1    Menunjukkan tta cara shalat berjamaah.
 4.8.2    Memperaktikkan shalat berjamaah
Ø  Tata cara shalat berjamaah
Ø  Hikmah shalat berjamaah
Non Tes
Pengamatan (observasi)


TUGAS ANALISIS KI-KD DAN INDIKATOR

NAMA                                   : ANDI MISBAH
NO PESERTA                      : 520238001118
SATUAN PENDIDIKAN    : SMP
MATA PELAJARAN          : PAI
KELAS                                  : 7
BAB                                        : 5 (SELAMAT DATANG NABI MUHAMMAD SAW KEKASIHKU)
NO
KI
KD
INDIKATOR
MATERI
1
Menghargai dan
menghayati ajaran
agama yang dianutnya
1.11 Menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam periode
Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt.



2
Menghargai
dan menghayati
perilaku
jujur, disiplin,
tanggungjawab,
peduli (toleransi,
gotong royong),
santun, percaya
diri, dalam
berinteraksi secara
efektif dengan
lingkungan
sosial dan alam
dalam jangkauan
pergaulan dan
keberadaannya
2.11 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah.



3
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
3.11 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Makkah

3.11.1

Menunjukkan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Mekah
Selamat datang Nabi Kekasihku:

1.      Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW

2.      Sejarah Nabi Muhammad SAW sejak kecil sampai dengan remaja di Mekah

3.      Sejarah Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul

4.      Dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah
3.11.2
Menunjukkan contoh perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Mekah
3.11.3


Menjelaskan perjuangan yang
dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Mekah
3.11.4

Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah saw.
3.11.5

Menceritakan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
3.11.6

Menceritakan sejarah masa remaja kelahiran Nabi Muhammad saw
3.11.7
Meneladani perjuangan Rasulullah saw. di Mekah
4
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.11 Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad
saw. periode Makkah.
4.11.1     
Mengidentifikasi tokoh, tempat, peristiwa, dan nilai sejarah dakwah Rasulullah saw periode Makkah

4.11.2     
Membuat cerita bergambar/ensiklopedi mini strategi dakwah Rasulullah periode Makkah melalui kajian pustaka



TUGAS ANALISIS KI, KD DAN INDIKATOR

NAMA                                    : MANSUR
NO PESERTA/AKUN         : 520273001105
SATUAN PENDIDIKAN    : SMP
MATERI                                :  BAB 6 (Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Jadi Lebih Mudah)
KELAS                                  :  7

No
KI
KD
Indikator
Materi
Penilaian
Teknik
Bentuk
1
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya


Dengan ilmu pengetahuan semua jadi lebih mudah :
1.         Q.S. ar-Rahman/ 55: 33
2.         Q.S. al-Mujadalah/ 58: 11
Non tes
Observasi
2
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya


Dengan ilmu pengetahuan semua jadi lebih mudah :
1.         Q.S. ar-Rahman/ 55: 33
2.         Q.S. al-Mujadalah/ 58: 11
Non tes
Observasi
3
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1  Memahami makna Q.S. al-Mujadala/58: 11, dan
Q.S. ar-Rahman/55: 33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu.
3.1.1 Menyebutkan arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
3.1.2 Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
3.1.3 Menjelaskan hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11
Dengan ilmu pengetahuan semua jadi lebih mudah :
1.      Q.S. ar-Rahman/ 55: 33
2.      Q.S. al-Mujadalah/ 58: 11
Tes
Pilihan ganda
Uraian
4
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1  Membaca Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil
4.1.1. Menunjukan bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.

Non tes
Pengamatan
4.2  Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 serta hadis terkait dengan lancar.
4.2.1. Mendemontrasikan hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.


No tes
Pengamatan
4.3  Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. alMujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33
4.3.1. Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait

Non tes
Pengamatan



LihatTutupKomentar