KUMPULAN TUGAS ANALISIS KI, KD DAN INDIKATOR KELAS 7 SMP
NAMA : PARMAN, S.Pd.I
NO PESERTA : 520729000156
SATUAN PENDIDIKAN : SMP
MATERI : BAB III THAHARAH
KELAS : VII
NO | KI | KD | INDIKATOR | MATERI | PENILAIAN | |
TEKHNIK | BENTUK | |||||
KI 1 | 1.7 Menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam. | 1.7.1 Membiasakan diri berprilaku suci dari hadast besar dan hadast kecil sesuai syari’at islam. | Ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar | Tes | Rubrik | |
KI 2 | 2.7 Menghayati perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam. | 2.7.1 Menjaga kebersihan diri dari hadast besar dan hadast kecil dalam kehidupan sehari-hari. | ||||
KI 3 | 3.7 Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam. | 3.7.1. Menjelaskan ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. 3.7.2. Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas kecil 3.7.3. dan hadas besar berdasarkan syariat Islam. | Tes | PG dan Uraian | ||
KI 4 | 4.7 Menyajikan cara bersuci ari hadas besar. | 4.7.1 Menunjukkan contoh bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. 4.7.2 Mempraktikkan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar dalam kehidupan sehari-hari | Non tes | Pengamatan |
TUGAS ANALISIS KI-KD DAN INDIKATOR
NAMA : AFIFUDDIN
NO. PESERTA : 520320001098
SATUAN PENDIDIKAN : SMP
MATERI : BAB IV, SHALAT BERJAMAAH
KELAS : 7
NO. | KI | KD | INDIKATOR | MATERI | PENILAIAN | |
TEKNIK | BENTUK | |||||
1 | KI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | 1.8 Menunaikan salat wajib berjemaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam | 1.8.1 Menyenangi kegiatan salat berjamaah 1.8.2 Membiasakan diri salat berjamaah | Shalat berjamaah | ||
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.8 Menghayati perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat berjemaah | 2.8.1 Menunjukkan perilaku disiplin, demokratis dan toleransi sebagai implementasi dari pelaksanaan salat berjamaah 2.8.2 Memprakarsai perilaku disiplin, demokratis dan toleransi sebagai implementasi dari pelaksanaan salat berjamaah | ||||
KI 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.8 Memahami ketentuan salat berjemaah | 3.8.1 Menjelaskan pengertian shalat wajib berjamaah dan dasar hukunya. 3.8.2 Menjelaskan syarat sah shalat berjamaah. 3.8.3 Menyebutkan hukum shalat berjamaah 3.8.4 Menyebutkan halangan shalat berjamaah 3.8.5 Menyebutkan keutamaan shalat berjamaah. | Ø Pengertian shalat berjamaah Ø Dalil naqli mengenai shalat berjamaah Ø Ketentuan shalat berjamaah | Tes | PG / Essay | |
KI 4. Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.8 Mempraktikkan salat berjamaah | 4.8.1 Menunjukkan tta cara shalat berjamaah. 4.8.2 Memperaktikkan shalat berjamaah | Ø Tata cara shalat berjamaah Ø Hikmah shalat berjamaah | Non Tes | Pengamatan (observasi) |
TUGAS ANALISIS KI-KD DAN INDIKATOR
NAMA : ANDI MISBAH
NO PESERTA : 520238001118
SATUAN PENDIDIKAN : SMP
MATA PELAJARAN : PAI
KELAS : 7
BAB : 5 (SELAMAT DATANG NABI MUHAMMAD SAW KEKASIHKU)
NO | KI | KD | INDIKATOR | MATERI | ||
1 | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | 1.11 Menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam periode Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt. | ||||
2 | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.11 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah. | ||||
3 | 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.11 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah | 3.11.1 | Menunjukkan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Mekah | Selamat datang Nabi Kekasihku: 1. Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW 2. Sejarah Nabi Muhammad SAW sejak kecil sampai dengan remaja di Mekah 3. Sejarah Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul 4. Dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah | |
3.11.2 | Menunjukkan contoh perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Mekah | |||||
3.11.3 | Menjelaskan perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Mekah | |||||
3.11.4 | Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah saw. | |||||
3.11.5 | Menceritakan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW | |||||
3.11.6 | Menceritakan sejarah masa remaja kelahiran Nabi Muhammad saw | |||||
3.11.7 | Meneladani perjuangan Rasulullah saw. di Mekah | |||||
4 | 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.11 Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Makkah. | 4.11.1 | Mengidentifikasi tokoh, tempat, peristiwa, dan nilai sejarah dakwah Rasulullah saw periode Makkah | ||
4.11.2 | Membuat cerita bergambar/ensiklopedi mini strategi dakwah Rasulullah periode Makkah melalui kajian pustaka |
TUGAS ANALISIS KI, KD DAN INDIKATOR
NAMA : MANSUR
NO PESERTA/AKUN : 520273001105
SATUAN PENDIDIKAN : SMP
MATERI : BAB 6 (Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Jadi Lebih Mudah)
KELAS : 7
No | KI | KD | Indikator | Materi | Penilaian | |
Teknik | Bentuk | |||||
1 | 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | Dengan ilmu pengetahuan semua jadi lebih mudah : 1. Q.S. ar-Rahman/ 55: 33 2. Q.S. al-Mujadalah/ 58: 11 | Non tes | Observasi | ||
2 | 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | Dengan ilmu pengetahuan semua jadi lebih mudah : 1. Q.S. ar-Rahman/ 55: 33 2. Q.S. al-Mujadalah/ 58: 11 | Non tes | Observasi | ||
3 | 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 Memahami makna Q.S. al-Mujadala/58: 11, dan Q.S. ar-Rahman/55: 33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu. | 3.1.1 Menyebutkan arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu. 3.1.2 Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu. 3.1.3 Menjelaskan hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 | Dengan ilmu pengetahuan semua jadi lebih mudah : 1. Q.S. ar-Rahman/ 55: 33 2. Q.S. al-Mujadalah/ 58: 11 | Tes | Pilihan ganda Uraian |
4 | 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1 Membaca Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil | 4.1.1. Menunjukan bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil. | Non tes | Pengamatan | |
4.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 serta hadis terkait dengan lancar. | 4.2.1. Mendemontrasikan hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar. | No tes | Pengamatan | |||
4.3 Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. alMujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 | 4.3.1. Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait | Non tes | Pengamatan |