SOAL-SOAL HOTS MODUL PROFESIONAL PPG PAI




SOAL-SOAL HOTS PPG

1.                  Kualitas hadis yang memiliki arti “Mencari ilmu adalah wajib atas setiap muslim” adalah...
a.       Dhaif
b.      Maudhu’
c.       Shaheh
d.      Hasan
e.       Mutawatir
2.                  Malaikat dan jin diperintahkan untuk bersujud (tunduk) kepada adam, karena adam memiliki kelebihan berupa..
a.       Ilmunya
b.      Ruhnya
c.       Jasadnya
d.      Fisiknya
e.       Jisimnya
3.                  Selain memberikan begitu banyak kemudahan bagi manusia dalam menghadapi persoalan hidup, ilmu juga menempatkan seseorang pada derajat yang...
a.       Tinggi
b.      Mulia
c.       Benar
d.      Agung
e.       Bermartabat
4.                  Sesungguhnya kebahagian anak yang lahir kedunia adalah anak yang mendapatkan kasih sayang  dari kedua orang tuanya. Sementara ada anak yang tidak memiliki ayah karena di tinggal mati. Menurut Al-Khuly anak tesebut termasuk anak...
a.       Yatim
b.      Yatim piatu
c.       Piatu
d.      Terlantar
e.       Terabaikan


5.                   

Artinya: Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: “Jauhilah tujuh dosa besar yang membinasakan”. Para sahabat bertanya “Apa dosa-dosa itu”? Rasulullah menjawab: “Syirik, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang benar, memakan riba, memakan harta anak yatim, lari dari medan perang, dan menuduh zina terhadap orang-orang perempuan yang menjaga kehormatannya”.
Hadis di atas mensejajarkan dosa memakan harta anak yatim dengan
a.       Dosa-dosa besar lainnya yang merusak keagamaan pelakunya.
b.      Mencuri harta ayah dan ibu
c.       Membunuh orang kafir yang menetang islam
d.      Dosa-dosa kecil lainnya yang merusk keagamaan pelakunya
e.       Dosa-dosa besar lainnya yang dapat diampuni.
6.                  Posisi Hadis sebagai penguat (taqrîr/ta’kid)  keterangan al-Qur’an.  Artinya Hadis menjelaskan apa yang sudah dijelaskan al-Qur’an, sepert Hadis  tentang shalat, zakat, puasa, dan haji. Begitu juga hadis-hadis tentang kepedulian terhadap anak yatim yang sudah diuraikan di atas menjadi penguat terhadap ayatayat al-Qur’an yang membahas hal yang sama. Ini merupakan definisi dari...
a.       Bayan taqrir
b.      Bayan tafsir
c.       Tafsir al-mujmal
d.      Takhshish al-amm
e.       Bayan tasyri’i
7.                  Seorang yang bertauhid dan baik akhlaknya berarti ia adalah sebaik-baik manusia. Semakin sempurna tauhid seseorang maka semakin baik akhlaknya, dan sebaliknya bila seorang memiliki akhlak yang buruk berarti ia lemah pula...
a.       Tauhidnya.
b.      Islamnya
c.       Imannya
d.      Ma’rifatnya
e.       Ikhlasnya
8.                  Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu mengabarkan bahwa suatu saat Rasulullah pernah ditanya tentang amalan yang paling banyak membuat orang masuk surga. Beliau menjawab:
a.       “Takwa kepada Allah dan akhlak yang Baik.”
b.      “Takwa kepada Allah dan sikap yang Baik.”
c.       “Takwa kepada Allah dan ucapan yang Baik.”
d.      “Takwa kepada Allah dan keluarga yang Baik.”
e.       “Takwa kepada Allah dan keturunan yang Baik.”
9.                  Manusia yang memiliki budi pekerti yang mulia, senang kepada kebenaran dan keadilan, toleransi, mematuhi janji, lapang dada dan tenang dalam menghadapi segala halangan dan rintangan.  Sesungguhnya akhlak yang baik akan mengangkat manusia ke darjat yang
a.       Tinggi dan mulia
b.      Tinggi dan agung
c.       Mulia dan terhormat
d.      Mulia dan agung
e.       Tinggi dan terhormat
10.              Secara harfiah, kata munafiq berasal dari kata   قَ فـ َ ن yang salah satu artinya adalah lubang tikus di dalam tanah, yang memilki dua pintu, pintu pertama terlihat, sedang pintu kedua tidak terlihat. Tikus itu bisa masuk dari pintu yang terlihat lalu keluar dari pintu yang tidak terlihat. Begitu pula seorang munafik ia...
a.       Seolah-olah masuk ke dalam Islam, tetapi dia keluar dari Islam melalui pintu yang tersembunyi
b.      Seolah-olah keluar dari Islam, dan tetapi dia keluar dari Islam melalui pintu yang tersembunyi
c.       Seolah-olah masuk ke dalam Islam, tetapi seolah-olah dia masuk Islam melalui pintu yang tersembunyi padahal tidak
d.      Seolah-olah masuk ke dalam Islam
e.       Seolah-olah keluar dari Islam melalui pintu yang tersembunyi
11.              Sebagian ulama berpendapat bahwa orang yang dari segi perbuatan-perbuatannya disebut munafik adalah orang yang sebagian besar perbuatannya berupa
a.       Dusta, ingkar janji, dan khiyanat.
b.      Ingkar janji
c.       Dusta
d.      Khiyanat
e.       Nyeleweng
12.              Dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita dengar kata munafik. Kata munafik mungkin kita anggap tidak begitu kasar di telinga kita, karena kata itu jarang dipublikasikan di media massa. Namun sebenarnya munafik adalah suatu sifat seseorang yang sangat buruk yang bisa menyebabkan orang itu dikucilkan dalam masyarakat. Dan brikut yang bukan tanda-tanda munafik adalah: 
a.       Apabila berkata maka dia akan berkata bohong/ dusta;
b.      Jika membuat suatu janji atau kesepakatan dia akan mengingkari janjinya;
c.       Bila diberi kepercayaan/ amanat maka dia akan mengkhianatinya;
d.      Bila bermusuhan melampaui batas. 
e.       Apabila berkata maka ia akan mengatakan apa adanya
13.              Dalam melakukan penafsiran al Qur’an seorang mufassir  dituntut untuk menjelaskan maksud yang terkandung dari suatu ayat atau beberapa ayat atau surat di dalam al Qur’an. Maksud dari suatu ayat atau surat tersebut dapat dipahami dari susunan bahasanya dan lafadzlafadz yang digunakannya serta seluk beluk yang berhubungan dengan ayat atau surat tersebut, yaitu; kapan, di mana, ada peristiwa apa ketika ayat itu turun, berkenaan dengan apa dan siapa, kondisi masyarakatnya bagaimana, dan bagaimana penjelasan Nabi Saw terhadap ayat tersebut. Seluk beluk yang dimaksud adalah terkait dengan...
a.       Ulumu al Qur’an
b.      Ulumul hadis
c.       Tafsir al-Qur’an
d.      Mufassir
e.       Asbabun nuzul
14.              Ash-Shabuni Terjemah al Qur’an adalah memindahkan bahasa alQur’an ke bahasa lain yang bukan bahasa ‘Arab kemudian mencetak terjemah ini ke beberapa naskah agar dapat dibaca orang yang tidak mengerti bahasa ‘Arab, sehingga dapat memahami kitab Allah SWt, dengan perantaraan terjemahan. definisi ini merupakan pendapat dari...
a.       Ash-Shabuni
b.      Jalaluddin as-syuyuthi
c.       Quray shihab
d.      Didawai
e.       Al-Mizan
15.              Takwil dapat dilakukan dengan syarat tetap memperhatikan kaidah kebahasaan dan tidak hanya mengandalkan akal (ra’yu) saja. Karena dengan takwil akan memudahkan dalam mencerna dan mengamalkan ajaran Alquran sesuai dengan perkembangan zaman sekarang dan akan datang. Menurut Al-Raghib al-Isfahani dalam kitab Mufrad fii alfaadzi al Qur’an mengemukakan bahwa
a.       Tafsir lebih umum dari pada takwil
b.      Tafsir lebih khusu dari pada takwil
c.       Tafsir lebih utam dari pada takwil
d.      Tafsir lebih spesifik dari pada takwil
e.       Tafsir lebih memadai dari pada takwil
16.              Menafsirkan al-Qur’an didasarkan penjelasanpenjelasan al Qur’an yang diperoleh melalui riwayat-riwayat pada sunnah, hadist maupun atsar, bahkan sebuah ayat al Qur’an dapat dijelaskan dengan ayat-ayat al Qur’an yang lain. Ini merupakan definisi dari...
a.       Tafsir bi al-Ma’tsur
b.      Tafsir Al-misbah
c.       Tafsir Jalalain
d.      Tafsir bi al-Ra’yi atau tafsir bi al-Dirayah
e.       Tafsir al Isyari
17.              Berikut merupakan yang bukan syarat-syarat diterimanya tafsir isyari adalah:
a.       Tidak bertentangan dengan makna lahir (pengertian tekstual) al-Qur’an. 
b.      Penafsirannya didukung atau diperkuat oleh dalil-dalil syar’i lainnya. 
c.       Penafsirannya tidak bertentangan dengan dalil syara‘ atau rasio.
d.      Penafsirannya tidak menganggap bahwa hanya itu saja tafsiran yang dikehendaki Allah, bukan pengertian tekstual ayat terlebih dahulu.
e.       Penafsirannya tidak terlalu jauh sehingga ada hubungannya dengan lafadz.  
18.              Metode Tahlili adalah suatu metode dalam menjelaskan ayat al Qur’an dengan cara menguraikan ayat demi ayat, surat demi surat, sesuai tata urutan  dengan penjelasan yang cukup terperinci sesuai dengan kecenderungan masing-masing mufassir terhadap aspekaspek yang ingindisampaikan, misalnya  menjelaskan ayat disertai aspek qira’at, asbabu al- nuzul, munasabah, balaghah, hukum dan lain sebagainya. Manakah contoh kitab tafsir yang disusun dengan metode ini adalah
a.       Kitab Tafsir Jami li Ahkam al-Qur’an karya al-Qurtubi,
b.      Kitab Tafsir Jami’ al-Bayan fi Tafsir al-Qur’an karya Ibnu Jarir at-Thabari
c.       Kitab Tafsir Al-Qur’an al-Karim karya at-Tusturi.
d.      Tafsir alqur’an al-Adzim karya Ibnu Katsir dan
e.       Kitab tafsir ibnu katsir
19.              Dalam kata ikhlas terdapat sebuah kondisi di mana seseorang dapat mengosongkan diri dari berbagai kehendak dan keinginan yang dimiliki serta mengabaikan segala amal yang telah dilakukan. Lebih lanjut dikatakan, bahwa ikhlas menurut bahasa ialah
a.       Bersih dari kotoran
b.      Suci dari hadas
c.       Menerima apa adanya
d.      Menerima ketentuan dari allah
e.       Bersih dari apapun
20.              Menghargai, membolehkan membiarkan pendirian, pendapat, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan dan sebagainya yang lain atau yang bertentangan dengan pendiriannya sendiri, merupakan definisi dari
a.       Toleransi
b.      Ikhlas
c.       Murah hati
d.      Tolong menolong
e.       Simpati
21.              Allah Swt memerintahkan untuk memberi sedekah kepada orang ...
a.       Siapapun
b.      Muslim
c.       Fakir
d.      Anak yatim
e.       Miskin
22.              Ilmu yang dimiliki oleh seorang ulul albab tidak tersekat oleh batasan-batasan yang dibuat oleh manusia, yang sekat-sekat tersebut diakibatkan oleh keterbatasan manusia itu sendiri. Bagi seorang ulul albab ilmu pengetahuan apapun yang berhubungan dengan alam semesta ini hakekatnya adalah ciptaan-ciptaan Allah Swt yang tunduk kepada sitem aturan yang telah dibuat-Nya. Sehingga semua ilmu itu hakekatnya hanya satu yaitu
a.       Ilmu Allah Swt
b.      Kalam Allah Swt
c.       Kudrat Allah swt
d.      Iradah Allah Swt
e.       Muridunnya Allah Sswt
23.              Al Qur’an adalah petunjuk bagi manusia  untuk menjalani kehidupan di dunia dan memberi informasi tentang kehidupan di akherat. Petunjuk tentang menjalin hubungan dengan Allah...
a.       Hablun minallah
b.      Hablumminannas
c.       Hubbullah
d.      Hubbuddunia
e.       Hubbul wathan
24.              Manusia dapat mengembangkan tekhnologi apapun dalam rangka mendukung dan menunjang proses kekhalifahannya di muka bumi. Namun al Qur’an memberikan rambu-rambu atau asas-asas yang dapat dijadikan sebagai petunjuk melaksanakannya, agar tidak menyalahi dengan ketentuan-ketentuan Allah Swt. Manakah yang bukan asas-asas tersebut adalah
a.       Asas teladan
b.      Asas manfaat,
c.       Asas kemudahan,
d.      Asas keindahan,
e.       Asas keadilan;
25.              Bekenaan dengan jumlah bilangan al- Asmā' al-Ḥusnā, para ulama yang merujuk kepada al-Qur’an mempunyai hitungan yang berbeda-beda. Sebagaimana dijelaskan oleh Pakar Tafsir dari Indonesia, Muhammad Quraish Shihab, bahwa al-Thabathabai dalam tafsirnya AlMīzān menyatakan bahwa jumlah al-Asmā' al-Ḥusnā itu ada sebanyak
a.       127
b.      110
c.       100
d.      99
e.       117
26.              Muhammad Quraish Shihab menyatakan cenderung menguatkan pendapat yang menyatakan baik al-Rahmān maupun al-Rahīm terambil dari akar kata...
a.       Rahmat
b.      Rahim
c.       Irham
d.      Arham
e.       Ruhim
27.              Soekarno menegaskan bahwa manusia hanya dapat berjumpa dengan Tuhannya apabila telah mengerjakan segala yang diperintahkan Tuhan dan meninggalkan segala larangannya. Selain itu, dapat dipahami bahwa kalimat “berjumpa dengan Tuhan” yang dimaksud oleh Soekarno adalah mampu merasakan bahwa Tuhan itu ada, dan yakin sekalipun manusia tidak dapat melihat Tuhan dan tentu Tuhan melihatnya. Dengan demikian berjumpa dengan Tuhan bukanlah dalam arti yang sebenarnya, melainkan dalam makna
a.       Majazi
b.      Ijazi
c.       Marzazi
d.      Haqiqi
e.       Indrawi
28.              Peristiwa ini memang tidak pernah mentradisi. Maksudnya, masing-masing peristiwanya hanya terjadi sekali atau sesekali sepanjang zaman dan untuk orang-orang tertentu saja di tengah-tengah sekian banyak manusia. Peristiwa ini disebut dengan...
a.       Mu’jizat
b.      Karamah
c.       Ilham
d.      Irkhas
e.       Sihir
29.              Karomah sesungguhnya merupakan istilah yang tidak asing bagi umat muslim, dimana karomah ini merupakan bagian dari agama Islam. Oleh karena hal tersebut, maka Ahlus Sunnah Wal Jama’ah mempercayai adanya karomah yang dimana karomah ini datangnya dari sisi. Allah. Karomah ini, mau tidak mau akan membentuk kharisma seseorang di mata umat. Islam mengakui tentang konsep karomah. Karomah untuk diberikan kepada
a.       Kiai dan wali
b.      Pendekar
c.       Orang sakti
d.      Orang biasa
e.       Wali dan penjahat
30.              Sihir tidak akan luput dari kehidupan manusia sehari-hari yang digunakan oleh orangorang yang tidak mengerti atau tidak paham mengenai dampak dari perbuatan tersebut. Sihir ini telah tersebar di tengah-tengah peradaban manusia masa kini maupun masa lalu. Berikut yang bukan nama lain sihir, yaitu...
a.       Pelet,
b.      Santet
c.       Gendam
d.      Begik
e.       Karamah.
31.              Hari Akhir atau Hari Kiamat merupakan tahapan yang harus dilewati menuju Negeri Akhirat. Ungkapan al-dār al-ākhirah merupakan lawan dari
a.       Al-dār al-dunyā
b.      Al-dār al-kubur
c.       Al-dār al-yakin
d.      Al-dār al-akhirah
e.       Al-dār al-awwal
32.              Hari akhir memiliki nama lain yang cukup banyak. Nama-nama hari akhir yang diberikan oleh Allah Swt. menggambarkan keadaan hari kiamat hingga manusia dilahirkan, dihisab, dan mendapatkan balasan dari Allah Swt. Berikut yang buka nama-nama hari akhir, Yaitu:
a.       Yaumul Isnain
b.      Yaumur Rajifah
c.       Yaumuz Zalzalah
d.      Yaumul Haqqah
e.       Yaumul Qariah
33.              Berikut yang bukan tanda-tanda kiamat kubra, yakni
a.       Munculnya kabut (dukhan)
b.      Munculnya Dajjal
c.       Munculnya Dabbah
d.      Peristiwa gempa bumi dari timur
e.       Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj
34.              Pemisahan makna antara sifat Taqdîr Allah dengan al-Maqdûr adalah sebuah keharusan. Hal ini karena sesuatu yang disifati dengan baik dan buruk, atau baik dan jahat, adalah hanya sesuatu yang ada pada makhluk saja. Artinya, siapa yang melakukan kebaikan maka perbuatannya tersebut disebut “baik”, dan siapa yang melakukan keburukan maka perbuatannya tersebut disebut “buruk”, dengan demikian penyebutan kata “baik” dan “buruk” seperti ini hanya berlaku pada makhluk saja. Sifat ketentuan Allah terhadap segala sesuatu yang Ia kehendakinya, maka sifat-Nya ini tidak boleh dikatakan buruk. sifat tersebut adalah...
a.       Sifat Taqdîr Allah
b.      Sifat iradah Allah
c.       Sifat kudrat Allah
d.      Sifat Qadha Allah
e.       Sifat Qadhar Allah
35.              Situasi takdir muallaq berlainan dengan takdir mubram. Doa tidak dapat mengubah kenyataan yang digariskan dalam takdir mubram. Meskipun demikian, doa dipercaya dapat meminimalisir dampak bala yang timbul karena takdir
a.       Mubram.
b.      Muallaq
c.       Qadha
d.      Qadhar
e.       Takdir
36.              Meskipun takdir terbagi dua, muallaq dan mubram, kita sebagai manusia tidak mengetahui mana takdir muallaq dan takdir mubram. Oleh karena itu, sebagai ikhtiar manusiawi yang tidak boleh ditinggalkan ialah...
a.       Berdo’a
b.      Bekerja
c.       Berusaha
d.      Meminta
e.       Berkhiyar
37.              “Akhlak ialah gambaran keadaan jiwa berupa sifat-sifat yang sudah mendarah daging yang mendorong dilakukannya perbutan-perbuatan dengan mudah lagi gampang tanpa berfikir panjang” Gambaran sifat-sifat jiwa yang sudah terlatih dan juga sudah mendarah daging yang dapat menjadi sumber inspirasi dan mendorong tindakan-tindakan yang bersifat spontan. Tindakan-tindakan seperti inilah yang dapat dikategorikan sebagai akhlak. Apabila seuatu perbuatan dilakukan dengan mempertimbangkan dahulu, apa untung ruginya bagi si pelaku perbuatan tersebut, maka belum dikatakan sebagai akhlak. Hal ini sesuai dengan definisi akhlak menurut...
a.       Imam gazali
b.      Ibnu maskawih
c.       Prof. Dr. Ahmad amin
d.      Imam ahmad
e.       Muhamad qurasy shihab
38.              Memiliki kemampuan untuk dapat berfikir memperoleh kebijaksanaan ketika dihadapkan pada pendapat yang mirip-mirip dan mengandung pertentanaganpertentangan dalam implementasi. Ia akan selalu mendapatkan kosep yang memberikan manfaat sesamanya dan diterima oleh berbagai pihak. Merupakan definisi dari...
a.       Jaudat adz-Dzihn
b.      Husnu at-Tadbir
c.       Tsiqabah ar-Ra’yi
d.      Shawab azh-Zhann
e.       Quwwah al-Ghadhab
39.              Kekuatan yang ada dalam diri manusia yang yang  mendorong perbutan-perbuatan untuk memperoleh kenikmatan-kenikmatan yang bersifat zhahir, yang dinspirasi oleh panca indranya seperti: mencari makanan minuman, mencintai lawan jenis dan lain-lainnya, hal ini merupakan definisi dari
a.       Quwwah asy-Syahwah
b.      Quwwah al-Ghadhab
c.       Syaja’ah
d.      Quwwah al-Ilmi
e.       Tsiqabah ar-Ra’yi
40.              Siapapun yang amalnya ingin menjadi amal shalih, maka ia harus beriman kepada Allah Swt. terlebih dahulu, lalu memiliki ilmu yang cukup sebelum tawakkal. Ini sebagai syarat supaya pelaksanaannya dapat dikerjakan dengan benar. Kemudian ia harus ikhlas hanya karena Allah, bersabar dan atau bersyukur dalam pelaksaanya. Dan terakhir ridha terhadap semua keputusan Allah Swt. dengan hasil dari
a.       Ikhtiar dan amal kita.
b.      Ikhtiar dan do’a kita
c.       Amal kita
d.      Ikhtiar kita
e.       Do’a dan amal kita
41.              menyerahkan diri kepada Allah tatkala menghadapi suatu kepentingan, bersandar kepada-Nya dalam kesulitan di luar batas kemampuan manusia merupakan definisi
a.       Tawakkal
b.      Tawadduk
c.       Ridha
d.      Sabar
e.       Syukur
42.              Ikhlas merupakan bentuk implementasi iman dalam beramal, karena itu nyata sama dengan keimanan yang bisa bertambah dan berkurang. Untuk itu umat Islam harus berhati-hati terhadap sifat-sifat yang dapat merusak keikhlasannya, berikut yang bukan merusak keikhlasan, antaranya:
a.       Tasammuh
b.      Riya’
c.       Takabbur
d.      Sum’ah
e.       Nifaq
43.              Berbicara akhlak adalah berbicara mengenai perbuatan baik dan buruk. Perbuatan baik yang dimaksud adalah perbuatan yang membawa manfaat dan kemuliaan. Sebaliknya perbuatan buruk maksudnya ialah...
a.       Perbutan yang menyebabkan kemadharatan dan kehinaan
b.      Perbutan tidak menyebabkan kemadharatan dan kehinaan
c.       Perbutan yang menyebabkan keburukan dan hina
d.      Perbutan yang menyebabkan kesukaran dan kesulitan
e.       Perbutan yang menyebabkan keterpurukan dan kesesasatan
44.              Secara bahasa, khauf adalah lawan kata al-amnu. Al-Amnu adalah rasa aman, dan khauf adalah rasa takut. adapun perasaan takut terhadap siksa dan keadaan yang tidak mengenakkan karena kemaksiatan dan dosa yang telah diperbuat, merupakan definisi dari...
a.       Khauf
b.      Raja’
c.       Malu
d.      Takut
e.       Khilaf
45.              Orang yang istiqamah, konsisten jalan pikirannya, ucapan dan perbuatannya akan selalu mendapatkan kemudahan dalam menghadapi kesulitan, akan mendapatkan pertolongan dari Dzat yang Maha segalanya. Berikut yang bukan kemudahan bagi orang yang istiqamah...
a.       Yang susah akan jadi mudah,
b.      Yang jauh akan jadi dekat,
c.       Yang sedikit akan jadi banyak
d.      Yang berat akan jadi ringan
e.       Yang sulit akan menjadi lebih sulit
46.              Akhlak terhadap orang lain adalah sifat-sifat yang melekat kuat dalam diri seseorang yang menjadi sumber kekuatan untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat berakibat baik atau buruk. Akibat tersebut dirasakan oleh..
a.       Tetangga
b.      Kerabat
c.       Teman kerja
d.      Dirinya sendiri
e.       Keluarga
47.              Islam, sebagai agama yang sempurna, mempunyai konsep kasih sayang, memahami bahwa manusia merupakan makhluk yang sempurna, dibekali dengan akal, ghadhab dan nafsu. Karena manusia dibekali dengan akal dan nafsu, maka mereka tidak seperti malaikat yang selalu taat dengan perintah Allah, manusia terkadang lebih mengutamakan akal atau nafsunya dibandingkan perintah Allah.  Untuk itu, Islam mengatur batas-batas kasih sayang yang diperbolehkan, supaya berakibat baik bagi semua pihak.  Konsep ibadah harus dipahami sebagai prinsip dalam mengimplementasikan sifat kasih sayang diantara kita, yakni...
a.       Dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah Swt.
b.      Dalam menjalankan qadha dan qadhar Allah Swt.
c.       Dalam menjalankan nasib dan ketentuan larangan Allah Swt.
d.      Dalam menjalankan perintah Allah Swt saja.
e.       Dalam menjauhi larangan Allah Swt saja.
48.              Amanah dalam arti yang luas dan dalam lebih dari sekedar menunaikan hajat duniawi kepada pemiliknya. Amanah hakikatnya lawan kata khianat. Orang yang amanah adalah...
a.       Orang yang dapat dipercaya dan membuat jiwa aman
b.      Orang yang dapat dipercaya dan membuat jiwa labil
c.       Orang yang dapat dipercaya dan membuat jiwa gundah
d.      Orang yang dapat diyakini dan membuat jiwa aman
e.       Orang yang dapat dipertanggung jawabkan dan membuat jiwa aman
49.              Kata zakat berasal dari bahasa Arab, secara bahasa artinya suci, tumbuh berkembang dan berkah. Makna zakat secara bahasa ini  mencerminkan sifat zakat yang dapat mensucikan harta dan jiwa serta mengandung nilai positif yang dapat dikembangkan berupa kebaikan bagi si...
a.       Muzakki dan kemashlahatan ekonomi bagi para mustahiq. 
b.      Mustahiq dan kemashlahatan ekonomi bagi para mzakki.
c.       Muzakki dan kemashlahatan ekonomi bagi para muzakki lainnya.
d.      Mustahiq dan kemashlahatan ekonomi bagi para mustahiq lainnya
e.       Muzakki dan kemashlahatan ekonomi bagi para mustahiq serta muzakki lainnya.
50.              Ketentuan bahwa zakat hasil tanah yang disewakan wajib dikeluarkan zakatnya tidak memunculkan masalah jika tanah itu ditanami oleh pemiliknya langsung. Persoalannya jika tanah itu disewakan kepada orang lain, maka hal ini akan memunculkan masalah, siapa yang wajib mengeluarkan zakat hasil tanah yang disewaka. Untuk menjawab kasus hukum ini tidak terdapat kata sepakat di kalangan para ulama mereka berselisih dalam menetapkan hukumnya. Berikut pernyataan yang benar terkait hal tersebut...
a.       Menurut Jumhur ulama, bahwa yang wajib mengeluarkan zakat hasil tanah yang disewakan  adalah pihak penyewa. Mereka  beralasan karena yang dikeluarkan zakatnya adalah hasil tanahnya bukan tanahnya hal ini
b.      Menurut Jumhur ulama, bahwa yang wajib mengeluarkan zakat hasil tanah yang disewakan  adalah pihak pemilik tanah. Mereka  beralasan karena yang dikeluarkan zakatnya adalah hasil tanah miliknya
c.       Menurut Jumhur ulama, bahwa yang wajib mengeluarkan zakat hasil tanah yang disewakan  adalah pihak penyewa. Mereka  beralasan karena yang dikeluarkan zakatnya adalah tanahnya
d.      Menurut Jumhur ulama, bahwa yang wajib mengeluarkan zakat hasil tanah yang berikan  adalah pihak penyewa. Mereka  beralasan karena yang dikeluarkan zakatnya adalah hasil tanahnya bukan tanahnya hal ini
e.       Menurut Jumhur ulama, bahwa tidak wajib mengeluarkan zakat hasil tanah yang disewakan  adalah pihak penyewa. Mereka  beralasan karena yang dikeluarkan zakatnya adalah hasil tanahnya bukan tanahnya hal ini
51.              Zakat profesi meliputi semua pekerjaan yang halal dan baik, zakatnya dapat dikeluarkan sesuai dengan waktu perolehannya setelah diambil terlebih dahulu untuk kewajiban biaya terhadap keluarga dan biaya operasional. Seseorang dengan profesinya yang berpenghasilan pas-pasan bahkan kurang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya bukanlah termasuk profesi yang wajib dikeluarkan zakatnya, bahkan mereka tergolong orang yang berhak menerima zakat (mustahiq), seperti...
a.       Tukang becak
b.      Pns
c.       Pengusaha batu bara
d.      Pengusaha sepatu
e.       Pemilik pabrik mobil
52.              Kedudukan nikah dalam Islam merupakan syariat yang terkandung di dalamnya nilainilai ibadah. Kelayakan manusia untuk menerima syariat tersebut paling tidak diperkuat oleh tiga argumen. Pertama, manusia adalah makhluk berakal dan dengan akalnya tersebut manusia mampu menerima dan menjalankan syariat dengan baik. Di antara syariat tersebut adalah pernikahan, yang pengertiannya  menurut ulama Syafi’iyah, sebagai barikut:
a.       Akad (perjanjian) yang mengandung kebolehan hubungan kelamin dengan sebab lafaz nikah atau tajwiz.
b.      Akad (perjanjian) yang mengandung tidak bolehnya berhubungan kelamin dengan sebab lafaz nikah atau tajwiz
c.       Akad (perjanjian) yang tidak mengandung kebolehan hubungan kelamin dengan sebab lafaz nikah atau tajwiz
d.      Akad (perjanjian) yang mengandung kebolehan hubungan kelamin dengan tanpa lafaz nikah atau tajwiz
e.       Akad (perjanjian) yang mengandung kebolehan hubungan kelamin dengan sebab lafaz nikah yang sirr
53.              Untuk dijadikan sebuah perbandingan, nampaknya sebelum pembahasan nikah menurut Islam secara lebih mendalam perlu diungkap tentang pernikahan sebelum Islam (Jahiliyah). Pada zaman Jahiliyah telah dikenal bebarapa praktek perkawinan yang merupakan warisan turun temurun dari perkawinan Romawi dan Persia. Dan manakah yang bukan perkawinan warisan Romawi dan persia berikut ini...
a.       Khidn
b.      Badl
c.       Istibdha
d.      Raht
e.       Poligami
54.              Setiap syariat yang diturunkan oleh Allah dipastikan terdapat hikmah untuk kehidupan manusia. Berikut ini hikmah dari sebuah pernikahan, yakni
a.       Nafsu seks termasuk tuntutan terkuat dan selalu meliputi kehidupan manusia. Ketika tidak ada jalan keluar untuk melampiaskan, maka manusia akan dirundung kegelisahan dan dikhawatirkan melakukan prostitusi (perzinahan). Maka pernikahan merupakan aturan yang paling baik dan jalan keluar yang  menyejukkan untuk memuaskan seks manusia.
b.      Tidak ada rasa tanggung jawab dari pernikahan serta mengurus anak dapat membangkitkan semangat dan mencurahkan segala kemampuan dalam memperkuat potensi diri. Maka bangkitlah untuk bekerja dengan segala  kewajiban  sehingga banyak kesibukan yang dapat menambah harta dan kesuksesan. Dan tergugah semangat untuk mengeluarkan kekayaan alam dan yang terpendam di dalamnya
c.       Pernikahan bukanlah jalan terbaik untuk melahirkan anak, memperbanyak kelahiran dan melestarikan kehidupan dengan selalu menjaga keturunan
d.      Tidak adanya naluri kebapakan dan keibuan akan tumbuh dan berkembang dalam menaungi anak masa kanak-kanak serta tumbuhnya rasa kasih-sayang. Semua kelebihan itu tidak akan sempurna tanpa adanya tali pernikahan
e.       Harusnya memperbanyak kelahiran dan melestarikan kehidupan dengan selalu menjaga keturunan
55.              Tujuan didirikannya bank Islam adalah untuk menghindari bunga uang yang diberlakukan oleh bank convensional. Dari definsi di atas maka dapat dibedakan antara bank convensional dengan bank Islam yaitu bank convensional memakai sistem bunga sedangkan bank Islam tidak. Berikut yang bukan pengganti sistem bunga bank, yakni:
a.       Wadiah
b.      Mudharabah
c.       Muhasabah
d.      Musyarakah/syirkah
e.       Murabahah
56.              Selain riba nasiah seperti telah dijelaskan, dalam kajian fiqh dikenal juga riba dalam bentuk lain yang disebut dengan riba fadhal. Riba fadhal ialah
a.       Riba yang kedudukannya sebagai penunjang keharaman riba nasiah
b.      Riba yang memiliki kedudukan sendiri dari riba nasiah
c.       Riba yang memiliki hukum mutlak yang berdiri pada dirinya sendiri
d.      Riba yang tidak memiliki kaitan dengan riba nasiah
e.       Riba yang kedudukannya sebagai perusak keharaman riba nasiah
57.              Pungutan dana yang dibebankan kepada nasabah bank untuk kepentingan administrasi, seperti keperluan kertas, biaya operasional, dan lain-lain disebut...
a.       Fee
b.      Bungan
c.       Administrasi
d.      Pembayaran
e.       Iuran
58.              Terkait dengan istilah khilafah dengan Khalifah, banyak orang yang belum paham untuk membedakan kedua macam istilah tersebut.untuk istilah khalifah   ebagaimana telah disebut  di atas bahwa khilafah adalah sistem pemerintahan yang sah menurut ajaran Islam. Konsekuansi adanya khilafah mengharuskan adanya  seorang  yang menjadi pemimpin khilafah. Orang yang memimpin khilafah  dinamakan
a.       Khalifah
b.      Sultan
c.       Amirul
d.      Raja
e.       Khilafiyah
59.              Pemerintahan dalam Islam senantiasa berpedoman kepada hukum al-Qur’an dan sunnah. Dalam sejarah,, pemerintahan dalam Islam diselenggarakan berdasarkan kepada ketentuan yang terdapat di dalam dua sumber utama tersebut seperti yang pernah terjadi pada pemerintahan rasulullah dan khulafa al-Rasyidin. Berikut yang bukan dasar-dasar tersebut ialah:
a.       Sifat jujur, ikhlas serta tanggung jawab
b.      Keadilan yang bersifat menyeluruh kepada rakyat
c.       Tauhid (mengesakan Allah) yang mengandung arti taat kepada Allah, rasul-Nya dan pemumpin sebagai  kewajiban bagi setiap orang beriman
d.      Adanya kedaulatan rakyat
e.       Pemimpin pada hakekatnya sudah ditentukan oleh Allah
60.              Dalam sistem khilafah, rakyat sebagai kumpulan manusia yang dipimpin memiliki hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan secara adil. Apa hak dan kewajiban rakyat setelah melakukan janji  setia (baiat)?. Berikut ini yang bukan hak-hak  rakyat dan merupakan kewajiban pemerintah
a.       Hak keselamatan jiwa dan harta
b.      Hak untuk memperoleh keadilan hukum dan pemerataan
c.       Hak untuk menolak kezaliman dan kesewenang-wenangan.
d.      Hak mendapatkan bantuan materi bagi rakyat yang lemah.
e.       Hak untuk tidak bebas beragama hanya memiliki satu agama yakni Islam
61.              Selama masa sakit Rasulullah saat menjelang wafat, dikatakan bahwa Abu Bakar ditunjuk untuk menjadi imam salat menggantikannya, banyak yang menganggap ini sebagai indikasi bahwa Abu Bakar akan menggantikan posisinya. Bahkan 'pun setelah Nabi SAW telah meninggal dunia, Abu Bakar AshShiddiq dianggap sebagai sahabat Nabi yang paling tabah menghadapi meninggalnya Nabi SAW ini. Segera setelah kematiannya, dilakukan musyawarah di kalangan para pemuka kaum Anshar dan Muhajirin di Tsaqifah bani Saidah yang terletak di Madinah, yang akhirnya menghasilkan penunjukan Abu Bakar sebagai pemimpin baru umat Islam atau khalifah Islam pada tahun
a.       632 M.
b.      623 M
c.       633 M
d.      622 M
e.       634 M
62.              Pengumpulan ayat-ayat al-Qur’an pada masa pemerintahan Abu Bakar merupakan strategi dakwah. Dalam perang Yamamah dalam misi menumpas nabi palsu Musailamah Al-Kadzdzab, banyak sahabat penghafal Al-Quran yang gugur dalam peperangan tersebut. Keadaan tersebut menimbulkan kekhawatiran di kalangan umat Islam akan habisnya para penghafal Al-Quran karena gugur di medan peperangan. Oleh karena itu Umar bin Khathab mengusulkan kepada khalifah Abu Bakar untuk mengumpulkan ayat-ayat al-Quran yang tertulis di berbagai media seperti pelepah kurma, tulang onta, dan lain-lain yang disimpan oleh para sahabat. Pada awalnya Abu Bakar agak berat melaksanakan tugas tersebut, karena belum pernah dilakasanakan pada masa Nabi Muhammad SAW. Namun, karena alasan Umar bin Khabtab yang rasional, yaitu banyaknya sahabat penghafal al-Qur’an yang gugur di medan pertempuran dan dikhawatir akan habis seluruhnya, akhirnya Abu Bakar menyetujuinya. Abu Bakar menugaskan kepada Zaid bin Sabit, penulis wahyu pada masa Nabi Muhammad SAW, untuk mengerjakan tugas pengumpulan itu. Metode dakwah abu Bakar ini disebut...
a.       Metode Dakwah Bit-Tadwin
b.      Metode Dakwah Bil-Lisan
c.       Metode Dakwah Bil-Yad
d.      Metode Dakwah Bil-Hal
e.       Metode Usawatun-Hasanah
63.              Pada masa Khalifah Utsman bin Affan, perkembangan ilmu pengetahuan Islam sudah berkembang maju terbukti dengan hasil yang dicapai khalifah Utsman, berikut yang bukan hasil capaian khalifah Utsman yaitu;
a.       Merenovasi masjid nabawi,
b.      Usaha pengumpulan dan penulisan al-qur’an,
c.       Pembentukan angkatan laut,
d.      Pembentukan pasukan berani mati (pasukan jihad)
e.       Perluasan wilayah islam sampai ke khurosan, armenia, tunisia dan azerbeijan
64.              Organisasi tata usaha negara pada permulaan Islam sangat sederhana, tidak diadakan pembidangan usaha yang khusus. Demikian pula keadaannya pada masa Daulah Bani Umayyah, administrasi negara sangat simpel. Pada umumnya, di daerah-daerah Islam bekas daerah Romawi dan Persia, administrasi pemerintahan dibiarkan terus berlaku seperti yang telah ada, kecuali diadakan perubahan-perubahan kecil. Berikut yang bukan organisasi tata usaha pada masa Bani Umayyah, yaitu:
a.       Ad-Dawawin
b.      Al-Imarah Ala Al-Buldan
c.       Barid
d.      Syurthah
e.       Masharif Baitul Mal
65.              Khalifah Abu Ja’far al-Mansur, khalifah kedua dari pemerintahan Bani Abbasiyah menetapkan beberapa kebijakan pemerintahan Abbasiyah sebagai kontrol pemerintahan, dan berikut yang bukan kebijakan Abu ja’far al-Mansur, yaitu:
a.    Memindahkan pusat kekuasaan Bani Abbasiyah dari Hasyimiyah ke Bagdad
b.    Kota Bagdad sebagai pusat kekuasaan Abbasiyah di buka menjadi kota terbuka untuk semua peradaban dari berbagai bangsa masuk. Hal ini dilakuan oleh para khalifah melihat pengalaman pola pengembanga budaya dan ilmu masa Bani Umayyah yang bersifat Arab oriented, akibatnya adalah budaya dan ilmu pengetahuan menjadi lambat berkembang.
c.    Ilmu pengetahuan dipandang sabagai suatu yang sangat mulia dan berharga. Para khalifah adalah orang-orang yang sangat mencintai ilmu dan membuka kesempatan ilmu pengetahuan seluasluasnya.
d.    Rakyat tidak diberi beban berfikir serta memperoleh hak asasinya dalam segala bidang, seperti; aqidah, ibadah, filsafat, dan ilmu pengetahuan.
e.    Para menteri keturunan Persia di beri hak penuh untuk menjalankan pemerintahan sehingga mereka memegang peranan penting dalam memajukan kebudayaan dan ilmu pengetahuan.
66.              Pada masa keemasan ini Islamisasi Andalusia benar-benar mengalami kemajuan. Kemajuan ini tentu saja dimungkinkan karena tersedianya stabilitas dan kemapanan sosial politik yang diupayakan oleh para penguasanya. Dalam iklim yang mendukung inilah kemudian tercapai berbagai pencapaian spektakuler pada berbagai bidang. Ilmu-ilmu keagamaan berkembang sedemikian rupa mengimbangi perkembangan yang terjadi di lingkup dinasti Abbasiyah. Lembaga pendidikan madrasah juga berkembang dengan baik dan menjadi wadah pengembangan ilmu-ilmu keislaman secara umum. Ibn Rusyd dikenal sebagai seorang penulis besar di bidang...
a.       Fikih
b.      Hadis
c.       Tafsir
d.      Akidah
e.       Qiraat
67.              Salah satu teori masuknya Islam ke Indonesia ialah teori India, teori ini menyatakan Islam datang ke Nusantara bukan langsung dari Arab melainkan melalui India pada abad ke-13. Dalam teori ini disebut lima tempat asal Islam di India, manakah yang bukan 5 tempat tersebut...
a.       Gujarat,
b.      Cambay,
c.       Malabar,
d.      Coromandel,
e.       Punjab
68.              Ajarannya terkesan sinkretis dalam mengenalkan Islam. Ia menggunakan seni ukir, wayang, gamelan, serta seni suara suluk sebagai sarana dakwah. Dialah pencipta baju takwa, perayaan sekatenan, grebeg maulud, Layang Kalimasada, lakon wayang Petruk jadi Raja. Taman pusat kota berupa Kraton, alun-alun dengan dua beringin serta masjid diyakini sebagai karyanya, beliau adalah...
a.       Sunan Kalijaga
b.      Sunan Drajat
c.       Sunan Bonang
d.      Sunan Ampel
e.       Sunan Muria
69.              Proses sosial yang timbul bila ada golongan-golongan manusia dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda saling bergaul langsung secara intensif untuk waktu yang lama, sehingga budaya-budaya golongan-golongan tadi masing-masing berubah sifatnya yang khas, dan juga unsur-unsurnya masing-masing berubah wujudnya menjadi unsur-unsur kebudayaan campuran, ini merupakan definisi dari...
a.       Asimilasi
b.      Akulturasi
c.       Diseminasi
d.      Singkritisme
e.       Radikalisasi
70.              Setelah Islam berkembang di kawasan sub-Sahara, raja-raja di Afrika mulai menerima kaum Muslim. Bahkan, tak sedikit raja-raja itu memeluk Islam dan mengubahnya menjadi kerajaan Islam. Dengan munculnya dinasti-dinasti Islam, perkembangan Islam dan peradabannya semakin pesat di kawasan Afrika Barat. Dan manakah yang bukan dinasti-dinasti Islam Afrika Barat berikut ini:
a.       Kekaisaran gana
b.      Dinasti za di gao
c.       Kekaisaran mali
d.      Kekaisaran songhay
e.       Dinasti mongoliya
71.              Sejarah Islam di Amerika Serikat bermula sejak sekitar abad ke 16, di mana Estevánico dari Azamor adalah Muslim pertama yang tercatat dalam sejarah Amerika Utara. Walau begitu, kebanyakan para peneliti dalam mempelajari kedatangan Muslim di AS lebih memfokuskan pada kedatangan para imigran yang datang dari Timur Tengah pada akhir abad ke 19. Migrasi Muslim ke AS ini berlangsung dalam periode yang berbeda, yang sering disebut dengan...
a.       “Gelombang”
b.      “Kuasa”
c.       “Keajaiban”
d.      “Penurut”
e.       “Mengikut”
72.              Islam memang bukan merupakan agama mayoritas di Australia. Jumlah total umat Islam hanya 500 ribu atau sekitar 3% dari jumlah penduduk total sebanyak 24 juta. Meskipun demikian, Islam telah menjadi bagian dari kehidupan warga Australia. Islam juga menjadi bagian sejarah dari negara berpenduduk asli bangsa Aborigin itu. Islam pertama kali dibawa ke Australia oleh...
a.       Para pelaut dari Makassar
b.      Para saudagar dari Arab
c.       Para pengusaha dari jawa
d.      Para imigran timur tengah
e.       Para muballig atau dai international
73.              Sebutan bagi seorang Muslim yang menuduh Muslim lainya (atau kadang juga mencakup penganut ajaran Agama Samawi lain) sebagai kafir dan murtad, sebutan tersebut disebut...
a.       Takfiri
b.      Radikalis
c.       Al-Walâ’ dan Barâ’
d.      Wahabi
e.       Salafi
74.              Radikalisme merupakan respons terhadap kondisi yang sedang berlangsung yang muncul dalam bentuk evaluasi, penolakan, atau bahkan perlawanan terhadap ide, asumsi, kelembagaan, atau nilai. berikut yang bukan sebutan dari radikalisme, yakni:
a.       Al-‘unf,
b.      At-tatharruf,
c.       Al-guluww,
d.      Al-irhab
e.       Al-jihadu
75.              Walâ’ wal barâ’ merupakan salah satu di antara tuntutan syahadat yang diikrarkan oleh seorang mukmin. Ia adalah bagian dari makna kalimat tauhid, yaitu berlepas diri dari setiap sesuatu yang diibadahi selain Allah. Bagi seorang mukmin, ikatan walâ’ wal barâ’ merupakan ikatan...
a.       Iman
b.      Islam
c.       Ihsan
d.      Tauhid
e.       Ma’rifat
76.              Suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dan dapat menimbulkan perubahan terhadap harta atau keuangan, baik itu bertambah maupun berkurang. Contoh dari melakukan transaksi diantaranya ialah membeli barang, menjual barang, berhutang, memberi hutang, dan membayar berbagai kebutuhan hidup, merupakan definisi dari...
a.       Transaksi
b.      Ijab
c.       Kabul
d.      Jual beli
e.       Khiyar
77.              Dalam Ensiklopedi Hukum Islam disebutkan, ulama fikih berpendapat jika ijab dan kabul dipandang sah apabila telah memenuhi beberapa persyaratan. Berikut yang bukan dari syarat ijab kabul, yakni:
a.       Ijab dan kabul dilakukan dalam satu majelis. 
b.      Kesesuaian antara ijab dan kabul.
c.       Yang melaksanakan ijab tidak menarik kembali ijabnya.
d.      Berlaku seketika.
e.       Kabul dilakukan di tempat yang terpisah
78.              Berikut yang  bukan alasan ulama yang membolehkan melakukan kloning mengemukakan alasan sebagai berikut:
a.       Dalam Islam, kita selalu diajarkan untuk menggunakan akal dalam memahami agama.
b.      Islam menganjurkan agar kita menuntut ilmu 
c.       Islam menyampaikan bahwa Allah selalu mengajari dengan ilmu yang belum ia ketahui (lihat QS. 96/al-‘Alaq).
d.      Allah menyatakan, bahwa manusia tidak akan menguasai ilmu tanpa seizin Allah (lihat ayat Kursi pada QS. 2/al-Baqarah: 255).
e.       Alasan kemanusian dan HAM
79.              Salah satu tema pokok ajaran Islam adalah persamaan derajat di antara manusia, baik laki-laki atau perempuan, antar suku bangsa atau keturunan. Al-Qur’an tidak membedabedakan derajat kemuliaan manusia atas dasar itu semua, melainkan tinggi rendahnya derajat kemuliaan manusia itu diukur dengan tinggi rendahnya tingkat...
a.       Ketakwaan dan nilai-nilai pengabdian terhadap allahswt.
b.      Ketakwaan dan nilai-nilai ketaatan terhadap allahswt.
c.       Ketakwaan dan nilai-nilai agama terhadap allahswt.
d.      Ketakwaan dan nilai-nilai keislaman terhadap allahswt.
e.       Ketakwaan dan nilai-nilai spritual terhadap allahswt.
80.              Allah tidak membebani hambanya dengan sesuatu pekerjaan diluar kesanggupannya. Kesetaraan gender dalam ajaran Islam bukanlah penyamarataan antara laki-laki dan perempuan dalam segala hal. Adanya perbedaan dalam pembagian tugas antara laki-laki dan perempuan di dalam ajaran Islam sama sekali bukan untuk merendahkan martabat perempuan, melainkan pembagian tugas secara proporsional yang justru untuk...
a.       Memuliakan perempuan.
b.      Menghargai perempuan
c.       Menyamakan perempuan
d.      Memanjakan perempuan
e.       Menghormati perempuan
81.              Berikut cara mencegah kejahatan homosexsual yang sangat membahayakan ini, Islam memberikan beberapa ketentuan, antara lain:
a.       Jangan merendahkan pandangan/menundukan pandangan.
b.      Berpakaian dengan mengumbar aurat.
c.       Hindari puasa-puasa sunnah.
d.      Tetapkan tempat tidur anak ketika ketika sudah berumur 10 tahun dengan Ibu Bapak.
e.       Menghindari perilaku wanita menyerupai pria dan sebaliknya. Sikap tomboy wanita dan lemah gemulai seorang pria dilarang dalam Islam.
82.              Toleransi dianjurkan dalam masalah muamalah dan hubungan kemasyarakatan bukan menyangkut masalah akidah dan  ibadah. Dan berikut yang bukan bentuk toleransi dalam Islam, di antaranya:
a.       Islam mengajarkan menolong siapa pun, baik orang miskin maupun orang yang sakit, muslim ata nonmuslim, bahkan terhadap binatang sekalipun.
b.      Tetap menjalin hubungan kerabat  pada orang tua non muslim.
c.       Tetap menjalin hubungan kerabat  pada saudara non muslim.
d.      Boleh memberi hadiah pada non muslim.
e.       Tidak diboleh memberi hadiah pada non muslim.
83.              Yang bukan syarat dan prosedur pendirian rumah ibadah antara lain
a.        Daftar nama dan Kartu Tanda Penduduk pengguna rumah ibadat paling sedikit 90 orang yang disahkan oleh pejabat setempat sesuai dengan tingkat batas wilayah.
b.      Dukungan masyarakat setempat paling sedikit 60 orang yang disahkan oleh lurah/kepala desa. 
c.       Rekomendasi tertulis kepala kantor departemen agama kabupaten/kota.
d.      Rekomendasi tertulis Forum Kerukunan Umat Beragama kabupaten/kota
e.       Surat persetujuan dari Presiden
84.              Sebagian ulama, meliputi Syekh Yusuf Qaradhawi, Syekh Ali Jum’ah, Syekh Musthafa Zarqa, Syekh Nasr Farid Washil, Syekh Abdullah bin Bayyah, Syekh Ishom Talimah, Majelis Fatwa Eropa, Majelis Fatwa Mesir, dan sebagainya menyatakan bahwa hukum mengucapkan “selamat hari natal” adalah...
a.       Boleh
b.      Haram
c.       Wajib
d.      Sunah
e.       Makruh



KETERANGAN:WARNA MERAH ADALAH KINCI JAWABAN



                                

LihatTutupKomentar