PROGRAM KEGIATAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)




PROGRAM KEGIATAN
PENILAIAN TENGAN SEMESTER ( PTS )  SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
SMPN 1 PRAYA TIMUR

A.    LATAR BELAKANG

Proses belajar mengajar dapat berjalan efektif apabila seluruh komponen-komponen yang berpengaruh dalam PBM saling mendukung dalam rangka dalam rangka mencapai kompetensi yang dituju. Komponen-komponen yang berpeneruh dalam proses belajar mengajar terdiri atas minimal 6 unsur yaitu :Siswa, kurikulum, guru, metode, sarana prasarana (media pembelajaran) dan lingkungan.

Dari komponen-komponen yang berpengaruh terhadap hasil belajat tersebut, komponen guru lebih menentukan, bahkan sangat dominan karena ia yang akan mengelola komponen yang lainnya sehingga dapat meningkatkan hasil proses melajar megajar. Dalam hubungan ini  dikatakan bahwa guru melakukan peran sebagai manager kelas.
Sebagai manager kelas, guru dituntut dapat megoptimalkan kemampuan dalam hal membuat rencana program pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dengan efektif, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi tersebut sebagai suatulangkah refleksi dari komponen-komponen lain.

Dalam hal kegiatan mengevaluasi ini, guru juga perlumengadakan perencanaan yang matang, mulai dari evaluasi dalam sekup yang terkecil yakni uji indikator, ujiKompetensi Dasar (KD), uji beberapa KD yang dikenal juga dengan istilah Ujian Blok, uji Standar Kompetensi (Ulangan Harian) dan seterusnya sampai ke Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (UAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Kegiatan ini telah dituangkan oleh masing-masing guru didalam Program Pembelajaran berupa Program Tahunan dan Program Semester. Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakssanakan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di tengah semester. Cakupan Penilaian Tengah Semester adalah meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan semua KD pada pertengahan semester tersebut.

B.     DASAR PELAKSANAAN

Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) GenapTahun Pelajaran 2019/2020 dilaksanakan berdasarkan :
1.      Peraturan Mendiknas nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian
2.      Kalender Pendidikan tahun pelajaran2019/2020 yang dikeluarkan oleh Dina Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah
3.      Kalender Pendidikan SMPN 1 PrayaTimur tahun pelajaran 2019/2020
4.      Program Kerja Kepala Sekolah tahun pelajaran 2019/2020
5.      SK Kepal Sekolah Nomor : 423.7/13/SMP.1/ 2020 Tanggal 24 Februari 2020 tentang Pembentukan Panitia Penilaian Tengan Semester ( PTS )  Genap SMPN 1 PrayaTimurTahun Pelajaran 2019/2020

C.    MAKSUD DAN TUJUAN

Secara umum maksud di laksanakan sebuah evaluasi dalam dunia pendidikan adalah :
1.      Melacak kemampuan siswa (keeping track)
2.      Mengecek ketercapaian kemampuan (cheking up)
3.      Mendeteksi kesalahan (finding out)
4.      Menyimpulkan (summing up)

Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 yang di adakan pada SMPN 1 PrayaTimur dimaksudkan untuk mengetahui sejauhmana kemajuan siswa dalam proses dan hasil belajarnya, serta mengecek ketercapaian kompetensi selama setengah semester.

Tujuan Pelaksanaan Semester :
1.      Terselenggaranya program stategis sekolah secara berkala, berkelanjutan dan efektif
2.      Meningkatkan kemajuan belajar serta ketercapaian kemampuan siswa sesuai target kompetensi yang dicanangkan oleh guru dalam silabus masing-masing.
3.      Meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas, terutama yang berkaitan dengan penilaian dan evaluasi
4.      Secara khusus ditujukan untuk mengukur seberapa jauh tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar siswa, serta untu kmengetahui seberapa jauh tingkat keberhasilan guru dalam melaksanakan PBM yang digunakan sebagai feed back/umpan balik.

D.    KEGIATAN PELAKSANAAN

Untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Penilaian Tengan Semester (PTS) Genap Tahun Pelajaran 2019/2020, kegiatan yang dilaksanakan :
1.      Menyamakan persepsi tentang ulangan, sumber materi yang diuji, bentuksoal,jumlah soal minimal, serta teknis lainya dalam rapat dinas sekolah.
2.      Penyusunan kisi-kisi soal.
3.      Pengetikan dan penggandaan soal.
4.      Review  soal oleh  guru  mata pelajaran.
5.      Menyajikan soal dan mengawasi pelaksanaan ulangan. 
6.      Mengoreksi dan mengolah nilai hasil ulangan siswa .
7.      Pengumpulan nilai hasil ulangan.
8.      Penyampaian impormasi mengenai hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap baik kepada siswa maupun kepada orang  tua wali siwa.
9.      Pelaporan pencapaian Target Kurikulum dan Daya Serap.
10.  Pengarsipan dan pendokumentasian kegiatan.

E.     PESERTA
Peserta Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap adalah semua siswa SMPN 1 Praya Timur  yang berjumlah 412 orang dengan rincian :

Kelas
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
VII (5 rombel)
63
77
140
VIII (5 rombel)
57
63
120
IX (5 rombel)
63
78
140
Jml
183
217
412

Demikian Program Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 ini, disusun dengan maksud dapat dijadikan dasar dan acuan dalam pelaksanaannya bagi pihak-pihak yang terkait baik siswa, guru maupun pihak lainnya .
Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjukNya kepada kita semua ,dan apa yang kita darma-bhaktikan dicatat sebagai amal ibadahdisisiNya. Amin.


Mujur 27 Februari 2020
Panitia Penilaian Tengan Semester( PTS ) Genap
Tahun Pelajaran2019/2020

                    Ketua,                                                       Sekretaris,



                     ( H. Abdul Hamid, S.Pd)                             (Mansur, S.Pd.I, M.Pd)


Mengetahui :
Kepalasekolah,



Drs. H. MUHAMAD SYAPII
                                     NIP. 19671231 199303 1 125





DAFTAR LAMPIRAN

  1. SK Kepala SMPN 1 Praya Timur nomor  :  423.7/13/SMP.1/2020 tanggal 17 Februari 2020 tentang Pembentukan Panitia Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Tahun Pelajaran2019/2020.

  1. Jadwal Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.

  1. Matriks Program Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.

  1. Tata Tertib Peserta dan Pengawas Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.

  1. Format DaftarHadirPesertaPenilaian Tengah Semester (PTS) GenapTahunPelajaran2019/2020.

  1. Kumpulan  soal dan jawaban Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. (Dilampirkan tersendiri)





PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
SMP NEGERI 1 PRAYA TIMUR
Alamat : Jl.Raya Mujur-Praya Desa Mujur Kec. Praya Timur
 


PROGRAM KEGIATAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NO
URAIAN KEGIATAN
TANGGAL PELAKSANAAN
PENANGGUNG JAWAB
KET
1
PembentukanPanitiaPenilaian Tengah Semester 2
11 Februari 2020
KepalaSekolah

2
Pembuatan SK PanitiadanJadwalPelaksanaan
24 Februari 2020
Sekretaris

3
Pembuatandanpenggandaan format kisi-kisi, lembarjawaban, danbelangko –belangkoadministrasi
27 Februari 2020
Panitiadanstaf TU

4
Penyusunankisi-kisisoaldanperangkatnya.
22 - 28  Februari 2020
Guru matapelajaran

5
Pengetikan, penggandaan, danpengepakansoal.
1 - 7  Maret 2020
Panitiadanstaf TU

6
PelaksanaanPenilaian Tengah Semester 2
9 - 13Maret 2020
PanitiadanPengawasUlangan

7
PemeriksaandanpengolahanhasilPenilaian Tengah Semester 2
16 - 20  Maret 2020
Guru matapelajaran

8
Pelaksanaan  program  remedial bagisiswa yang tidaktuntas KKM
16 - 20  Maret 2020
Guru matapelajaran

9
LaporanhasilPenilaian Tengah Semester 2 danpenyerahannilaikewalikelas
27  Maret 2020
Walikelas

10
PenyerahanLaporanPencapaian Target KurikulumdanDayaSerapmasing-masingmatapelajaran
27  Maret 2020
Guru matapelajaran


Mujur27 Februari 2020
Panitia Penilaian Tengan Semester ( PTS ) Genap
Tahun Pelajaran2019/2020

      Ketua,                                                                                Sekretaris,



        ( H. Abdul Hamid, S.Pd)                                                (Mansur, S.Pd.I, M.Pd)


Mengetahui :
Kepalasekolah,



Drs. H. MUHAMAD SYAPII
                                     NIP. 19671231 199303 1 125







PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
SMP NEGERI 1 PRAYA TIMUR
Alamat : Jl.Raya Mujur-Praya Desa Mujur Kec. Praya Timur
 


JADWAL PELAKSANAAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)GENAP
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

No
Hari / Tgl
Jam Ke
Waktu
Mata Pelajaran
1
Senin
1
07.30 - 09. 00
P A I
09/03/2020
2
09.30 - 11.00
PPKn
2
Selasa
1
07.30 - 09. 00
Bhs. Indonesia
10/03/2020
2
09.30 - 11.00
I P S
3
Rabu
1
07.30 - 09. 00
Bhs. Inggris
11/03/2020
2
09.30 - 11.00
T I K
4
Kamis
1
07.30 - 09. 00
I P A
12/03/2020
2
09.30 - 11.00
SeniBudaya
5
Jum’at
1
07.30 - 09. 00
Matematika
12/03/2020
2
09.30 - 11.00
Prakarya / Mulok

           Mengetahui :
           Kepalasekolah,




           Drs. H. MUHAMAD SYAPII
           NIP. 19671231 199303 1 125





TATA TERTIB PENGAWAS RUANG
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) GENAP TP. 209/2020

1.  Persiapan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap
a.  Maksimallima  menit sebelum PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 dimulai pengawas ruang telah hadir di sekolah
b.  Pengawas ruang PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2mengontrolkebersihanmasing-masingruang yang dipergunakanuntukPENILAIAN TENGAH SEMESTER 2.
c.  Pengawas ruang PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2memerintahkansiswa yang bertugaskebersihanpadakelastersebutjikaterdapatruangkelas yang belumbersih.
2.  PelaksanaanPENILAIAN TENGAH SEMESTER 2
a.  Pengawas ruangPENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 masuk ke dalam ruang kelas setelah bel mulai   pelaksanaanPENILAIAN AKHIR SEMESTER 2dibunyikan. Rinciantugas yang dilaksanakanantaralain :
1)    memeriksa kesiapan ruang  PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2;
2)    meminta peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 untuk memasuki ruang PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 dengan tertib dan menempati tempat duduk sesuai tempat yang telah ditentukan;
3)    memeriksa dan memastikan setiap peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 tidak membawa tas, buku atau catatan lain, alat komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 kecuali alat tulis yang akan dipergunakan;
4)    membacakan tata tertib PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2;
5)    meminta peserta UlanganPENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 menandatangani daftar hadir;
6)    membagikan LembarjawabanPENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta.
7)    memastikan peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 telah mengisi identitas dengan benar;
8)    setelah seluruh peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 selesai mengisi identitas, pengawas ruang PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 membuka amplop soal, memeriksa kelengkapan bahan ulangan, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat , disaksikan oleh peserta ulangan;
9)    membagikan naskah soal secaraacakkepadapesertaPENILAIAN TENGAH SEMESTER 2untuksetiapmatapelajaran;
10)  membagikan naskah soal PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 dengan cara meletakkan di atas meja peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 dalam posisi tertutup (terbalik). Peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 tidak diperkenankan  untuk menyentuhnya sampai tanda waktu PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 dimulai
b.  Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, pengawas ruang PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2:
1)  mempersilakan peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2untuk mengecek kelengkapan soal;
2)  mempersilakan peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 untuk mulai mengerjakan soal;
3)  mengingatkan peserta agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal.
c.  Selama PENILAIANAKHIR SEMESTER 2 berlangsung, pengawas ruang wajib:
1)      menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang ulangan;
2)      memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan; serta
3)      melarang orang memasuki ruang PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2selainpesertaulangan.
d.  Pengawas ruang PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 dilarang memberi isyarat, petunjuk, dan bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban dari soal PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 yang diujikan.
e.  Lima menit sebelum waktu PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 selesai, pengawas ruang PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 memberi peringatan kepada peserta PENILAIAN TENGAHSEMESTER 2 bahwa waktu tinggal lima menit.
f.  Setelah waktu PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 selesai, pengawas ruang PENILAIANTENGAH SEMESTER 2:
1)  mempersilakan peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2untuk berhenti mengerjakan soal;
2)  mempersilakan pesertaPENILAIAN TENGAHSEMESTER 2 meletakkan naskah soal danPENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 di atas meja dengan rapi;
3)  mengumpulkan LJPENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 dan naskah soal PENILAIAN TENGAHSEMESTER 2;
4)  menghitungjumlah LJPENILAIAN AKHIR SEMESTER 2 sama dengan jumlah peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2;
5)  mempersilakan peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 meninggalkan ruang ulangan;
6)  menyusun secara urut LJPENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 dari nomor peserta terkecil dan memasukkannya ke dalam amplop LJPENILAIAN TENGAH SEMESTER 2.





TATA TERTIB PESERTA
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) GENAP

1.    Peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 5 (lima ) menit sebelum PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 dimulai.
2.    Peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikutiPENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 setelah mendapat izin dari Kepala Sekolah, tanpa diberi perpanjangan waktu.
3.    Peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 dilarang membawa alat komunikasi elektronik dan  kalkulator ke sekolah.
4.    Tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapundikumpulkan di depan kelas di samping pengawas.
5.    Peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 membawa alat tulis menulis berupa pensil 2B, penghapus,  penggaris, dan pealatan lain yang diperlukan.
6.    Peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 mengisi daftar hadir dengan menggunakan pulpen yang disediakan oleh pengawas ruangan.
7.    Peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 mengisi identitas pada LembarJawabanPENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 secara lengkap dan benar.
8.    Peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 yang memerlukan penjelasan cara pengisian identitas pada LJ PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 dapat bertanya kepada pengawas ruang PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu
9.    Peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulai ulangan.
10.  Selama PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 berlangsung, peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawasan dari pengawas  ruang PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2.
11.  Peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 yang memperoleh naskah soal yang cacat atau rusak, pengerjaan soal tetap dilakukan sambil menunggu penggantian naskah soal.
12.  Peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali lagi sampai tanda selesai dibunyikan, dinyatakan telah selesai menempuh/mengikuti PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 pada mata pelajaran yang terkait.
13.  Peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu PENILAIAN TENGAHSEMESTER 2 berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan sebelum berakhirnya waktu ulangan.
14.  Peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 berhenti mengerjakan soal setelah ada tanda berakhirnya waktu ulangan.
15.  Selama PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 berlangsung, peserta PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 dilarang:
a.    Menanyakan jawaban soal kepada siapapun
b.    Bekerjasama dengan peserta lain
c.    Memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal;
d.    Memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain
e.    Membawa naskah soal penilaianakhir semester 2dan lembarjawabanpenilaianakhir semester 2 keluar dari ruang ulangan;
f.    Menggantikan atau digantikan oleh orang lain.


PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 PRAYA TIMUR
Alamat : Jl.Raya Mujur-Praya Desa Mujur Kec. Praya Timur
 

DAFTAR HADIR PESERTA
PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 TP. 2019/2020

Kelas                       : ………………………………………
Hari/Tanggal             : ………………………………………
Jam ke                     : ………………………………………
Mata Pelajaran                      : ………………………………………

NO
NIS
NAMA SISWA
TANDA TANGAN
KETERANGAN
1


1

2


                        2

3


3

4


                       4

5


5

6


                       6

7


7

8


                       8

9


9

10


                      10

11


11

12


                      12

13


13

14


                      14    

15


15

16


                      16

17


17

18


                      18

19


19

20


                      20

21


21

22


                      22

23


23

24


                      24

25


25

26


                      26

27


27

28


                      28

29


29

30


                      30


Banyaksiswaseluruhnya : …..org        Mujur,       Maret 2020
Banyaksiswa yang hadir  : …..org                                  Pengawas,
Banyaksiswatidakhadir: …..org                                               

                                                                                                   ___________________
PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 PRAYA TIMUR
Alamat : Jl.Raya Mujur-Praya Desa Mujur Kec. Praya Timur
 


DAFTAR HADIR PENGAWAS
PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 TP. 2019/2020

Hari/Tanggal                  : …………………..………
Jam ke             : …………………………..
Mata Pelajaran              : …………………………..

NO
NAMA PENGAWAS
Kelas
TANDA TANGAN
1

VII – 1
1
2

VII – 2
2
3

VII – 3
3
4

VII – 4
4
5

VII – 5
5
6

VIII – 1
6
7

VIII – 2
7
8

VIII – 3
8
9

VIII – 4
9
10

VIII – 5
10
11

IX 1
11
12

IX – 2
12
13

IX – 3
13
14

IX – 4
14
15

IX – 5
15

           Mengetahui :
           Kepalasekolah,




           Drs. H. MUHAMAD SYAPII
           NIP. 19671231 199303 1 125


LihatTutupKomentar